Dewan Pers

Dark/Light Mode

Maknai Hardiknas, Kaum Muda Antusias Dengan Merdeka Belajar

Jumat, 13 Mei 2022 18:40 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Foto: Humas Kemendikbudristek)
Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Foto: Humas Kemendikbudristek)

RM.id  Rakyat Merdeka - Momentum perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) disambut antusias oleh insan pendidikan di berbagai wilayah Tanah Air. 

Penyelenggaraan upacara bendera untuk memperingati Hardiknas yang berlangsung secara daring dan luring terbatas, juga mendapat respons positif dari para pemuda yang berpartisipasi dalam upacara Hardiknas di Kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Jakarta.

Berita Terkait : Arus Balik Lebaran, ASDP Mudahkan Penumpang Dengan Aplikasi Ferizy

Bicara tentang makna tema peringatan Hardiknas, yakni "Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar", siswa SMKN 2 Cibinong Jehosua Willhelmus Ebenhaezer Abolla berpendapat, Hardiknas tak sekadar perayaan tahunan yang melibatkan seluruh ekosistem pendidikan.

Melainkan juga, momentum untuk bersyukur atas kemajuan yang terjadi di dunia pendidikan dan kebudayaan. Ia mengatakan, dengan berbagai sarana dan prasarana yang tersedia saat ini, tidak ada alasan bagi generasi muda untuk bermalas-malasan dalam menuntut ilmu.

Berita Terkait : Tak Hadir Hari Ini, Andi Arief Janji Penuhi Panggilan KPK Besok

Dia mengaku, merasakan berbagai perkembangan di dunia pendidikan menjadi hal yang luar biasa, setelah sebelumnya sangat sulit merasakan layanan pendidikan.

"Saat ini, melalui Merdeka Belajar, kita memiliki kemudahan untuk mengakses pendidikan baik secara konvensional maupun dengan memanfaatkan teknologi (internet). Malah sekarang kita harus lebih rajin lagi belajar karena sarana pendidikan sudah banyak," ujar Jehosua, pemain piano yang tergabung dalam orkes pengiring pada perayaan Hardiknas, di halaman kantor Kemendikbudristek, Jumat (13/5).

Berita Terkait : Peringati Hardiknas, Firli Kenang Perjuangan Masa Sekolah Hingga Jabat Ketua KPK

Naufal Daffa, anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra) Kota Bandung yang bertugas dalam upacara, juga mengakui, sistem pendidikan Indonesia terus berkembang semakin baik.

Ia merasakan proses belajar yang lebih menyenangkan. Merdeka Belajar yang diterapkan di SMK kata dia, sangat berpengaruh terhadap kemajuan pendidikan.
 Selanjutnya