BREAKING NEWS
 

Ini 6 Efek Merokok Bagi Penampilan Anda

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Senin, 11 November 2019 09:27 WIB
Ilustrasi perbandingan wajah non perokok dan perokok (Foto: The Sun)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai perokok, Anda mungkin saja sudah tahu risiko kesehatan seperti apa yang bakal menghampiri. Merokok jelas tak baik untuk kesehatan jantung, paru-paru, otak, serta sejumlah penyakit lain yang bisa mengancam nyawa.

Tapi, tahukah Anda bahwa kebiasaan merokok bisa merusak penampilan? Merokok ternyata bisa mengurangi pasokan oksigen ke kulit, yang dapat menimbulkan bayangan abu-abu dan kusam, dan menyebabkan penuaan dini.

Semakin cepat Anda memutuskan berhenti merokok, maka kulit makin cepat terhidrasi untuk kembali normal.

Inilah 6 akibat merokok yang dapat mempengaruhi penampilan dan memudarkan kecantikan kulit Anda, menurut spesialis kulit Colorescience UK Patricia Boland, seperti dilansir The Sun, Minggu (10/11):

1. Kantong mata

Jika kurang tidur, kantong mata dapat menghiasi wajah Anda. Tapi, apa jadinya bila kantong mata itu malah menetap secara permanen?

Baca juga : Bintang Iklan Marlboro Yang Tak Pernah Merokok, Berpulang di Usia 90

Perokok dilaporkan memiliki risiko empat kali lipat lebih banyak dibanding orang non perokok yang kurang tidur. Hal ini disebabkan oleh banyaknya tumpukan nikotin, yang sulit dikeluarkan pada waktu malam hari.

2. Keriput dini

Makin banyak dan makin lama Anda merokok, risiko keriput dini makin terlihat. Namun, kerusakan kulit dini akibat merokok sulit dikenali pada awalnya. Hal itu hanya terlihat ketika sudah terlambat.

Merokok dapat menyebabkan keriput, karena nikotin dalam rokok dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit di lapisan kulit.

Selain membatasi aliran darah, nikotin juga menyebabkan kulit Anda tidak menerima oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan, agar tetap terpelihara dan terhidrasi.

Adsense

3. Gigi, Jari, dan Kuku Menguning

Baca juga : Gomes Cedera, Semua Pemain Everton Berduka

Nikotin dalam rokok, tak hanya membuat gigi Anda tampak kuning dan coklat. Jari dan kuku Anda juga bisa berwarna seperti itu. Hal ini terjadi karena nikotin diserap melalui kulit dan lapisan mukosa mulut dan hidung. Ini juga disertai dengan aroma yang tidak menyenangkan bagi siapa pun.

Merendam jari dalam jus lemon dan mengunyah permen karet, tidak menyelesaikan masalah ini dalam jangka panjang.

4. Luka lebih lama sembuh

Tubuh mensyaratkan jumlah oksigen yang memadai agar dapat memperbaiki dan membangun sel. Sementara aktivitas merokok, mengurangi akses oksigen di dalam tubuh karena nikotin menyempitkan pembuluh darah.

Jika Anda menjalani operasi atau cabut gigi, maka kemungkinan besar, luka Anda akan lebih lama sembuh.

5. Cahaya Wajah Berkurang

Baca juga : Sering Merugikan, Lampard Minta VAR Diubah

Perawatan rutin dapat mencerahkan wajah Anda. Tapi, merokok bisa membuatnya kusam karena asapnya mengandung karbonmonoksida.

Untuk melindungi dan memperbaiki kulit, Anda butuh sejumlah nutrisi, termasuk vitamin C.

6. Bikin Tambah Tua

Merokok dapat menyebabkan garis-garis halus di sekitar wajah, semakin terlihat. Nikotin juga dilaporkan merusak kulit dahi, mata, leher, dan dada.

Penelitian menunjukkan, perokok umumnya terlihat dua tahun lebih tua, dari usia seharusnya.

Bagaimana, jelas kan dampak buruk merokok bagi kesehatan Anda? Segeralah terapkan gaya hidup sehat, sebelum terlambat. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense