BREAKING NEWS
 

Jelang Nataru Harga Pangan Diramal Naik 5 Persen

Harga Cabe Makin Pedes

Reporter & Editor :
APRIANTO
Jumat, 10 Desember 2021 06:45 WIB
Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) harga semua jenis cabe makin pedas. (Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya)

 Sebelumnya 
“Sejak beberapa hari lalu, harga semua jenis cabe sudah tembus di atas Rp 50 ribu per kilogram (kg). Kenaikan cabe rawit bisa Rp 10.000 per kg per harinya. Kalau cabe merah besar sudah di angka Rp 54.000 sampai 55.000 per kg dari sebelumnya Rp 33.000,” terangnya.

Abdullah mengungkapkan, saat ini banyak daerah dilanda bencana. Hal itu menyebabkan produksi pangan terganggu. Tak hanya produksi, rantai distribusi bahan pangan juga terganggu karena, truk pengangkut kesulitan mendistribusikan bahan pangan dari daerah satu ke daerah lain.

Baca juga : Penjualan Mobil Naik 71 Persen, Senyum Menperin Makin Lebar

Mansuri meminta, Pemerintah menghitung kembali persediaan bahan pokok agar kebutuhan masyarakat tetap terjamin. Selain itu, harus mengawal jalur distribusi pangan jangan sampai terganggu.

“Pemerintah harus memantau dengan ketat harga bahan pokok di pasar agar tidak ada spekulan yang bermain,” pinta Mansuri.

Baca juga : Syarief Hasan Minta Pasokan Dan Harga Pangan Stabil

Ketua Umum Asosiasi Agribisnis Cabe Indonesia (AACI), Abdul Hamid membenarkan kenaikan harga cabe. Menurutnya, musim hujan memengaruhi jumlah produksi cabe. Sebab, tanaman cabe sangat rentan terhadap kondisi cuaca.

“Harga cabe selalu menjadi masalah setiap tahun terutama pada bulan November, Desember, dan Januari. Sementara, pada bulan Mei hingga Agustus harga cabe cenderung rendah karena musim dan iklim yang mendukung,” ungkapnya.

Baca juga : Listyo Bawa Angin Segar

Selain faktor musim, lanjutnya, jumlah petani yang paham budidaya tanaman cabe masih sedikit.

“Mereka tidak membedakan cara menanam saat musim kemarau maupun musim hujan. Padahal, tingkat serangan hama penyakitnya berbeda sehingga butuh penanganan yang tidak sama,” jelasnya. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense