BREAKING NEWS
 

Yuk, Jalankan Pola Hidup Sehat

Duh, Ribuan Ibu Hamil Terinfeksi Hepatitis

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : MARULA SARDI
Minggu, 22 Mei 2022 07:30 WIB
Dokter Puskesmas Kecamatan Sawah Besar memberikan sosialisasi tentang penyakit hepatitis akut di Mangga Dua Selatan, Jumat (13/5/2022). Kegiatan sosialisasi tersebut dalam rangka mitigasi penularan penyakit hepatitis akut. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/pras).

 Sebelumnya 
“Kalau kami bisa menyembuhkan penderitanya maka banyak sekali manfaat untuk penderitanya dalam meningkatkan kualitas hidup,” tandasnya.

Untuk mencegah terpapar Hepatitis A, B, C, D, E, dan Hepatitis Akut, Dwi mengajak masyarakat menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Adsense

Hepatitis merupakan penyakit infeksi dapat menular. Salah satunya lewat saluran pencernaan. Sehingga, masyarakat harus waspada dengan segala makanan atau minuman yang hendak dikonsumsi.

Dwi mengimbau, masyarakat selalu memastikan air mengkonsumsi air minum bersih dan sudah dimasak dengan matang.

“Kalau menggunakan air minum kemasan isi ulang dari depot air isi ulang, sebaiknya dimasak dahulu sebagai upaya menjaga kesehatan,” pesannya.

Baca juga : Kampanyekan Dapur Sehat Dan Happy, Fotile Luncurkan 3 Produk Anyar

Selain itu, lanjut Dwi, makanan yang dimakan juga harus bersih dan sudah dimasak dengan sempurna.

“Di musim pancaroba ini, penting untuk mencegah berbagai penyakit infeksi, baik infeksi dari saluran cerna dan saluran pernapasan,” imbaunya.

Hidup Bersih

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengakui, wilayah Jakarta rentan terjadi penularan Hepatitis.

“ Jakarta, penduduknya lebih padat. Tapi nanti kita akan lihat dulu ya. Karena, potensi penyebab penyebaran macam-macam,” kata Riza.

Baca juga : Rayakan May Day, Ribuan Buruh Padati GBK

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sudah menetapkan Hepatitis Misterius dalam Kejadian Luar Biasa (KLB), Namun menurut Riza, masih perlu penelitian lebih lanjut terhadap penularan wabah tersebut.

Riza meminta masyarakat terus melaksanakan protokol kesehatan. Selain itu, dia mengimbau, agar orangtua lebih peka ketika melihat gejala yang timbul saat anak-anak sakit.

“Kalau ada gejala segera laporkan ke puskesmas dan rumah sakit terdekat,” tandasnya.

Pakar Epidemiologi Griffith University Dicky Budiman mengatakan, masyarakat harus meningkatkan pola hidup bersih.

“Sehat itu harus dimulai dari sekarang. Dari diri sendiri dan keluarga,” katanya.

Baca juga : Hepatitis Akut Disinyalir Menular Dari Makanan

Orangtua, kata Dicky, harus mencontohkan pola hidup sehat dan bersih kepada anak-anaknya sebagai upaya menjaga kesehatan. Salah satunya, untuk mencegah penularan Hepatitis Misterius.

“Belum lagi nanti ada potensi kenaikan Diabetes, Hipertensi, dan penyakit jantung. Nah sekali lagi, pola hidup bersih dan sehat harus terus diterapkan,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense