BREAKING NEWS
 

Bulan Ini Masuk Musim Hujan

Program Atasi Banjir Di DKI Dikebut Dong

Reporter : DEDE ISWADI IDRIS
Editor : MARULA SARDI
Selasa, 7 November 2023 07:30 WIB
Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Setu bersama Satuan Pelaksana Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Cipayung sedang membuat sumur resapan di Lapangan Sepak Bola Setu, Jalan Bantar Jati, Jakarta Timur, Senin (6/11). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Ida menyatakan, Komisi D mendukung alokasi penanganan banjir di rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Tahun 2024 sebe­sar lebih dari Rp 2 triliun.

“Alokasi anggaran penanganan banjir itu tersebar untuk berbagai kegiatan. Termasuk, pengurasan saluran mikro mau­pun anggaran serupa di tingkat suku dinas,” paparnya.

Komisi D DPRD, lanjut Ida, juga sepakat dengan Pemprov DKI Jakarta terkait prioritas penanganan banjir yang akan difokuskan untuk normalisasi Kali Ciliwung.

Baca juga : Pemprov DKI Siapkan 5 Jurus Hadapi Banjir Di Ibu Kota

Ida bilang, untuk tahun depan, pihaknya tidak mengalokasikan anggaran pembelian lahan un­tuk pembangunan waduk dan embung.

Adsense

“Pemprov DKI tidak perlu membeli lahan karena dapat memanfaatkan lahan milik OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lain untuk membuat waduk atau embung,” tandasnya.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono me­negaskan, pihaknya sudah siap menghadapi musim hujan jelang akhir tahun.

Baca juga : Bazar Murah Ganjar-Mahfud Di Indramayu Diserbu Ratusan Warga

“Ya, sudah pasti (antisipasi musim hujan). Mudah-mudahan aman,” kata Heru, Jumat (3/11).

Heru menyebut, ada empat upaya dari Pemprov DKI dalam menangani banjir. Empat upaya itu telah disusunnya dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2023-2026. Per­tama, membangun atau merevitalisasi sejumlah sungai, danau, embung dan waduk.

Kedua, melaksanakan program pemeliharaan prasarana dan sarana pengendali banjir dan pengembangan sistem peman­tauan banjir. Ketiga, Pemprov DKI akan berkoordinasi intensif dengan Pemerintah Pusat untuk menyinkronkan program penanganan banjir. Di antaranya sinkronisasi lokasi prioritas pengadaan tanah untuk perce­patan pekerjaan konstruksi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Dan keempat, meningkatkan kapasitas sungai dengan melak­sanakan pengerukan lumpur pada sungai-sungai besar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense