Dark/Light Mode

Waduk Ciawi Dan Sukamahi Sudah Beroperasi

Insya Allah Banjir Di DKI Terkendali

Selasa, 19 September 2023 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Antara)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Infrastruktur pengendalian banjir di Jabodetabek terus bertambah. Waduk Ciawi dan Sukamahi kini sudah beroperasi. Hal ini diyakini signifikan menekan banjir di Ibu Kota.

Badan Meteorologi, Klima­tologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim hujan secara umum terjadi pada No­vember. Periode puncak musim hujan diperkirakan terjadi bulan Januari dan Februari 2024.

Baca juga : Jadi Tuan Rumah Muktamar Sufi Internasional, Ganjar Gaungkan Perdamaian

“Musim Hujan pada tahun 2023/2024 umumnya akan tiba lebih lambat dibandingkan dengan biasanya. Curah hujan yang turun pada periode musim hujan 2023/2024 diprediksi normal dibandingkan biasanya,” ungkap Kepala BMKG, Dwiko­rita Karnawati, Jumat (8/9).

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono ber­harap, pada musim hujan tahun ini Ibu Kota tidak terendam banjir. Sebab, infrastruktur pengendali banjir sudah mulai beroperasi.

Baca juga : Semoga Bisa Kurangi Macet Dan Polusi Udara

Heru mengatakan, selain sodetan Kanal Banjir Timur (KBT) Ci­liwung, waduk Ciawi dan waduk Sukamahi sudah beroperasi.

“Bisa dipastikan elevasi keting­gian air di pintu air Manggarai akan turun. Sementara untuk area lainnya, pada tahun ini dan tahun lalu kita sudah melaksanakan pembangunan 9 polder, 4 waduk dan 2 kali,” paparnya.

Baca juga : Okta Kumala Dewi: Tingkatkan Budaya Literasi, Perbanyak Kegiatan Di Perpustakaan

Selain itu, Heru memastikan, berbagai upaya pengendalian banjir akan terus dilakukan. Berdasarkan kebijakan yang telah disusun pada Rencana Pembangunan Daerah tahun 2023-2026, akan dilakukan pembangunan revitalisasi 16 Sungai, Danau, Embung dan Waduk (SDEW) se­cara bertahap. Kemudian, melak­sanakan program pemeliharaan prasarana dan sarana pengendali banjir serta pengembangan sistem pemantauan banjir.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.