BREAKING NEWS
 

Antisipasi Penyebaran Covid, MRT Jakarta Siapkan Ruang Isolasi Khusus di Seluruh Stasiun

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Kamis, 11 Juni 2020 21:42 WIB
Ilustrasi MRT Jakarta (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - MRT Jakarta mulai menyiapkan ruangan isolasi khusus untuk penumpang sakit di 13 stasiun, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi menuju normal baru.

"Kita antisipasi fase setelah transisi PSBB. Karena itu, kami mulai menyiapkan ruang isolasi di tiap stasiun," kata Direktur Utama MRT Jakarta, William Sabandar dalam paparannya di forum diskusi virtual bersama jurnalis di Jakarta, Kamis (11/6).

Jika ada penumpang yang ternyata lolos dari pemeriksaan thermal scanner, namun ternyata sakit. Atau ada indikasi Covid-19, maka akan segera diarahkan ke ruang isolasi. Proses evakuasinya, sudah mulai disimulasikan oleh para petugas MRT.

Baca juga : Toyota Sumbang 2 Innova Ambulans Ke Pemda Karawang

"Bayangkan, kalau tidak ada ruang isolasi kemudian, amit-amit ada yang lolos (dari pemeriksaan suhu tubuh), lalu tiba-tiba terjatuh, mau dibawa kemana? Jadi harus ada anggaran untuk itu. Karena kejadian itu butuh protokol khusus. Kita butuh anggaran untuk siapkan tenaga medis, untuk APD petugas yang ada di sana. Untuk standar-standar minimum," papar William.

Adsense

Ia menambahkan, keberadaan ruangan isolasi itu diharapkan dapat menunjukkan kepada masyarakat, bahwa fasilitas pendukung benar-benar disediakan oleh penyedia layanan publik.

"Keberadaan ruang isolasi itu menunjukkan keseriusan kami, untuk memastikan bahwa fasilitas publik seperti MRT aman dari penyebaran (COVID-19)," ujar William.

Baca juga : Anis Matta Sulap Ruang Kerja Jadi "Studio Mini"

"Tapi, kita berharap tidak terjadi. Ruang P3K sudah ada di setiap stasiun. Begitu pula ruang isolasi yang terkait Covid-19, sudah ada di seluruh stasiun," imbuhnya.

Secara bertahap, waktu operasional MRT Jakarta telah kembali normal dengan waktu tunggu 5 menit per kereta di waktu sibuk, dan 10 menit di waktu normal.

Secara berangsur, jumlah pengguna MRT Jakarta pun meningkat hingga belasan ribu sejak masa transisi PSBB transisi diterapkan. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense