BREAKING NEWS
 

Seharusnya Rute Cukup Dialihkan dan Dijaga Aparat

Warga Kecewa Transjakarta Stop Operasi Karena Demo

Reporter & Editor :
SAIFUL BAHRI
Rabu, 14 Oktober 2020 06:43 WIB
Pekerja memperbaiki halte transjakarta yang rusak akibat demonstrasi anarkis di Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (11/10). (Foto : Rakyat Merdeka/Khairizal Anwar)

 Sebelumnya 
Disiapkan Pengalihan Rute

Sebenarnya Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah menyiapkan pengalihan rute Transjakarta di sekitar lokasi demonstrasi. Yakni, dengan merekayasa lalu lintas di depan Istana Presiden, kawasan Patung Kuda, Monas, dan sekitarnya.

Tetapi itu tidak digunakan karena manamejen Transjakarta memilih me- nyetop sementara operasi. ‘’Transjakarta koridor 1, jurusan Blok M-Kota pun akan kami alihkan,’’ungkapKepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo, sebelum putusan penyetopan operasi tersebut, kemarin.

Baca juga : Ada Demo di Depan Istana, Transjakarta Stop Seluruh Layanan

Dia menjelaskan, pengalihan rute yang disiapkan pihaknya, pada kawasan unjuk rasa, Transjakarta dialihkanmenuju simpang Harmoni. Kemudian belok kiri putar balik setelah Halte Juanda. Lalu, bus Transjakarta akan keluar jalur menuju simpang Tarakan saat di Halte Petojo dan bus akan belok kiri ke arah Jalan Cideng Timur. Kemudian, bus Transjakarta akan berjalan ke arah Jalan Jati Baru menuju Hotel Tugu Asri, ke simpang Hotel Milenium, lalu ke arah Jalan Kebon Sirih.

Selanjutnya, bus ke arah simpang Bank Indonesia (BI) belok kanan menuju Halte TJ Sarinah, dan berakhir di Blok M. Bus Transjakarta arah Kota dimulai dari Blok M menuju simpang Sarinah.

Kemudian, bus akan keluar jalur ke simpang BI, belok kiri ke Jalan Kebon Sirih. Lalu, bus akan belok kiri di Hotel Milenium menuju Jalan Fakhrudin. Dari Jalan Jati Baru lurus ke Jalan Cideng Barat lalu ke arah Simpang Tarakan. Kemudian, belok kanan ke Halte Transjakarta Petojo menuju simpang Harmoni, dan belok kiri ke arah Kota.

Baca juga : Transjakarta Tetap Layani Penumpang Di 46 Halte

Petugas Berjaga

Untuk menjamin keamanan warga ibu kota, petugas Dishub DKI Jakarta bersama TNI dan Kepolisian terlihat melakukan penjagaan di berbagaiarea publik di ibu kota.

Termasuk di angkutan publik. Kegiatan di pusat kota, kemarin, terlihat berjalan normal, meskipun ada penurunan pergerakan masyarakat. Misalnya, halte Transjakarta di kawasan Harmoni, Jakarta. Halte yang sempat dirusak pengunjuk rasa ini sudah kembali berfungsi, dan melayani warga.

Baca juga : Ada Demo Tolak UU Cipta Kerja, Koridor I Transjakarta Rute Blok M-Kota Tak Beroperasi

Di halte ini, penumpang terlihat cukup ramai. Di halte ini, mesin pembaca kartu dan pintu masuk halte masih berfungsi dengan baik. Hanya saja, monitor penunjuk arah tak nampak karena dirusak saat demo rusuh. Sedangkan kondisi Halte Bun- daran HI tampak lengang.

Adsense

Di sini, halte juga beroperasi normal, tapi hanya separuh saja. Karena, sebagian lainnya masih dalam tahap renovasi. Nampak semacam kain banner berwarna putih menjadi tirai penutup bagian halte yang rusak. Kondisi yang sama terlihat di Halte Sarinah.

Penumpang tampak tidak terlalu ramai. Akses masuk penumpang,terlihat belum optimal. Hal itu karena proses renovasi masih berlangsung. “Karena baru renovasi semen- tara, jadi terasa sempit. Tetapi sudah bagus bisa beroperasi. Semoga nanti direnovasi total dan jangan dirusak lagi,” kata Bertrand, penumpang Transjakarta, di Halte Sarinah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense