BREAKING NEWS
 

Besok, Jakarta Mulai Uji Coba Pembukaan Sekolah Terbatas, Warming Up Buat Juli

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Selasa, 6 April 2021 22:58 WIB
Siswa SMPN 240 Jakarta menjalani Ujian Sekolah secara tatap muka, dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, Selasa (6/4). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

 Sebelumnya 
Hasil asesmen tersebut dijadikan dasar bagi Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, untuk menentukan satuan pendidikan-satuan pendidikan sebagai kandidat uji coba secara terbatas.

Uji coba secara terbatas dimaksudkan untuk menemukan pola pelaksanaan pembelajaran campuran, dan mengukur kesiapan satuan pendidikan.

Setelah ditentukan satuan pendidikan sebagai kandidat uji coba, seluruh kepala satuan pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan serta orang tua dan peserta didik harus mengikuti pelatihan PTK Merdeka Belajar dan Intervensi Siap Belajar.

Baca juga : Jelang Pembukaan Sekolah, Ganjar Minta Ini ke Gibran

Pada tahap awal, terdapat 100 satuan pendidikan mulai dari jenjang dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, dan PKBM/LKP) yang memenuhi kriteria untuk selanjutnya mengikuti pelatihan.

Setelah mengikuti pelatihan selama 2 (dua) minggu, berdasarkan hasil pelatihan, dinyatakan 85 satuan pendidikan memenuhi kriteria untuk mengikuti uji coba terbatas.

Tahap selanjutnya, pendidik dan tenaga kependidikan dari satuan pendidikan peserta uji coba terbatas dilakukan vaksinasi Covid-19, untuk memastikan kegiatan pembelajaran berjalan secara kondusif dan aman.

Baca juga : Waspada Mutasi Corona, Pemerintah Terus Batasi Masuknya WNA

Dalam penerapan pembelajaran campuran, para orang tua tetap memiliki hak penuh untuk menentukan apakah anaknya diberikan izin untuk mengikuti pembelajaran campuran atau belajar dari rumah.

Dengan demikian, pihak satuan pendidikan tetap melaksanakan belajar dari rumah terlebih bagi satuan pendidikan yang tidak lolos asesmen, dan belum menjadi peserta uji coba terbatas.

Nahdiana juga menjelaskan, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta akan melakukan edukasi terkait penjelasan tentang pembelajaran campuran ini. Khususnya, bagi para peserta didik dan orang tua.

Baca juga : Sandiaga Targetkan Vaksinasi Di Bali Tuntas Juli 2021

Selama pelaksanaan uji coba terbatas dari tanggal 7 sampai dengan 29 April 2021, dilakukan pemantauan dan evaluasi secara rutin oleh pihak terkait seperti pengawas sekolah, unsur Suku Dinas Kesehatan, Satgas Covid-19 tingkat Kelurahan dan Kecamatan, unsur Suku Dinas Pendidikan, dan unsur Dinas Pendidikan.

Pihak satuan pendidikan telah melakukan koordinasi dengan puskesmas setempat atau rumah sakit terdekat. Pemantauan dilakukan menyangkut aspek pelaksanaan protokol kesehatan dan pembelajaran, sesuai yang ditetapkan dalam masa pandemi Covid-19. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense