BREAKING NEWS
 

PLN Berhasil Pulihkan 91 Persen Aliran Listrik Di Lokasi Banjir Sintang, Kalbar

Reporter & Editor :
FAZRY
Minggu, 21 November 2021 16:45 WIB
PLN memberikan bantuan perahu karet kepada karyawan alih daya agar operasional dalam melayani masyarakat menjadi lebih lancar dan optimal. (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN telah berhasil menyalakan 209 unit gardu distribusi atau 83 persen dari 252 gardu distribusi yang terendam banjir di Kalimantan Barat (Kalbar).

Dengan demikian, sudah ada 29.648 rumah atau sekitar 91 persen rumah warga yang saat ini telah dapat menikmati listrik kembali.

"Kami akan terus berupaya untuk kembali menyalakan 43 gardu distribusi yang tersisa agar seluruh rumah warga dapat segera menikmati listrik," tutur Gneral Manager PLN Kalbar, Ari Dartomo, dalam keterangan tertulis, Minggu (21/11/2022).

Ari mengingatkan agar Pekerja PLN yang bertugas memulihkan kondisi kelistrikan disaat banjir mengutamakan keselamatan warga.

Baca juga : KLHK Bangun Pusat Persemaian Bibit Modern Di 6 Lokasi

Hal itu ditegaskannya saat melakukan peninjauan lokasi yang terdampak banjir di Kabupaten Sanggau, Melawi, dan Sintang, Kalbar.

Menurutnya, meski kondisi banjir sudah mulai surut, namun aspek keselamatan ketenagalistrikan harus selalu diperhatikan.

"Kami akan segera menormalkan pasokan listrik ke rumah-rumah pelanggan jika kondisi sudah benar-benar kondusif," tegas Ari.

Adsense

Dalam kesempatan itu, Ari juga melakukan pengecekan kondisi peralatan yang dimiliki oleh masing-masing unit layanan.

Baca juga : PLN Nyalakan Listrik Bertahap Di Lokasi Terdampak Banjir Kalbar

Khususnya di wilayah yang terdampak banjir. Pengecekan ini untuk memastikan kesiapan peralatan dan PLN dalam mengantisipasi penormalan aliran listrik sebelum dan sesudah bencana banjir.

Diakuinya, masih ada warga yang menggunakan mesin genset saat aliran listrik belum normal. Hal tersebut menurutnya sangat beresiko terhadap keselamatan jiwa warga sendiri.

"Saya minta seluruh petugas dilapangan harus selalu memonitor kondis air, jangan hanya pakai perkiraan saja, karena bisa saja hari ini debit air turun, listrik dinyalakan, ternyata keesokan harinya debit air naik lagi. Maka dari itu, pastikan dulu kondisi benar-benar aman untuk memasukkan aliran listrik," tutur Ari.

Serahkan Bantuan

Baca juga : Garap Bupati Bintan Apri Sujadi, KPK Telisik Aliran Dana Korupsi Barang Kena Cukai

Merasa perihatin dengan kondisi warga yang terdampak banjir, PLN melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kembali menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga yang terdampak banjir.

Khususnya kepada pegawai Alih Daya dilingkungan Kantor unit-unit layanan PLN, serta bantuan perahu karet agar operasional dalam melayani masyarakat menjadi lebih lancar dan optimal.

Ari berpesan agar seluruh karyawan yang terdampak banjir dapat bersabar dan ikhlas menerima cobaan ini, serta tetap berkomitmen dalam melayani masyarakat. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense