Dark/Light Mode

Perkuat Ekosistem Penelitian dan Kewirausahaan, Sinar Mas Bangun Science and Techno Park ITB

Rabu, 3 November 2021 15:43 WIB
Science and Techno Park ITB. (Foto: Ist)
Science and Techno Park ITB. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperkuat ekosistem penelitian dan pengembangan, serta kewirausahaan, Sinar Mas melalui pilar usahanya, PT Berau Coal Energy, bersama PT Astra International Tbk mendukung pembangunan gedung Science and Techno Park Institut Teknologi Bandung (ITB).

Gedung ini, menjadi bagian dari Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan ITB. Managing Director Sinar Mas Saleh Husin mengungkapkan, ITB memiliki rekam jejak panjang dalam membangun sektor industri Tanah Air.

Baca juga : Astra Hibahkan Gedung Science Dan Techno Park ITB

"Melalui kemitraan dengan sektor privat, kita berupaya agar tradisi ini tetap terjaga bahkan semakin kuat, di mana riset serta inovasi dari perguruan tinggi tidak berjalan sendiri, tapi terhubung dengan program besar pemerintah, berikut membaca tren di sektor industri dengan tepat," ujar Saleh, dalam acara yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (2/11).

Director PT Berau Coal Energy Arief Wiedhartono, yang merupakan lulusan ITB berharap, kemitraan ini akan membuka inovasi lebih luas lagi kepada publik. "Agar lebih banyak lagi masyarakat yang dapat tersejahterakan," harap Arief.

Baca juga : Kinerja Positif, Zebra Nusantara Bangun Logistik Modern Yang Terintegrasi

Peletakan batu pertama gedung ini dilakukan pada 2018. Bangunan di bilangan Jalan Ganesha, Bandung ini, memiliki enam lantai seluas total 4.000 meter persegi.

Nantinya, gedung itu akan menjadi wahana untuk mempertemukan kalangan akademik, mahasiswa beserta pelaku usaha dalam aktivitas pendidikan, penelitian dan pengembangan, termasuk berperan selaku inkubator bagi bisnis rintisan. Hal ini sejalan dengan langkah ITB menjadi entrepreneurial university.

Baca juga : Cuma Terasa 2-4 Detik, Gempa Malang Sebabkan Kerusakan Bangunan Di Blitar

Tersertifikasi sebagai bangunan hijau, STP ITB memiliki rancang bangun ramah kaum difabilitas, memiliki instalasi solar panel, berteknologi wash water treatment dengan fungsi membuang limbah biologis dan kimiawi dari air. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.