Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Partai Gelora Kirim Relawan Ke Lokasi Banjir Bandang Di Kota Batu

Senin, 8 November 2021 19:54 WIB
Tim rescue Blue Helmet ikut membantu Basarnas di wilayah terdampak banjir bandang, Kota Batu, Jatim. (Ist)
Tim rescue Blue Helmet ikut membantu Basarnas di wilayah terdampak banjir bandang, Kota Batu, Jatim. (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia melalui tim relawannya Blue Helmet bergerak cepat ke daerah terdampak korban banjir bandang di Kota Batu, Jawa Timur (Jatim) pada Kamis (4/11/2021) lalu.

Bahkan, Partai Gelora langsung mengirim Relawan Blue Helmet Pasuruan Raya pada Jumat (5/11/2021) dini hari untuk melaksanakan kegiatan kemanusiaan di Kota Batu.

"Dalam hitungan jam, tim assement dan rescue Blue Helmet ke daerah terdampak banjir bandang, Kota Batu pada Jumat dini hari. Tepatnya tiba di lokasi pada pukul 02.00 WIB," kata Komandan Nasional Blue Helmet Sufialdi dalam keterangannya, Senin (8/11/2021).

Menurut Sufialdi, Relawan Blue Helmet diterima langsung Basarnas Jatim.

"Ini langkah sigap dan tanggap Blue Helmet terhadap bencana alam yang menimpa masyarakat khususnya di Kota Batu," katanya.

Baca juga : Warga Jakarta Diminta Sabar

Relawan Blue Helmet Pasuruan Raya didampingi Ketua DPW Partai Gelora Jatim Muhammad Sirot langsung menuju Desa Punten Kota Batu, daerah yang terdampak cukup parah sekaligus tempat penampungan pengungsi.

Dalam kesempatan ini, Partai Gelora dan Blue Helmet langsung menyerahkan dana bantuan untuk kegiatan operasional dan kebutuhan para pengungsi.

"Saya sebagai pembina Blue Helmet Jawa Timur mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah ikut meringankan beban derita para pengungsi," kata Gus Sirot, sapaan akrabnya.

Komandan Blue Helmet Jatim Achmad Hasan Basori mengatakan, pihaknya saat ini masih terus melakukan evakuasi korban banjir bandang.

Disinyalir masih ada tiga warga Dusun Sambong Desa Bulukerto yang masih hilang.

Baca juga : Khofifah Tak Kena "Batunya"

"Blue Helmet menyampaikan belasungkawa kepada keluarga yang meninggal, juga kepada keluarga yang telah kehilangan keluarganya yang sampai saat ini masih dalam proses pencarian," kata Achmad Hasan.

Komandan Nasional Blue Helmet Sufialdi menambahkan, bencana geologi dan hidrometeorologi akhir-akhir terjadi dalam skala kecil maupun besar, menjadi tugas para relawan untuk membantu pemerintah baik dalam tahapan mitigasi, kesiapsiagaan dan tanggap terhadap bencana yang terjadi.

"Seharusnya kita bisa meminimalisir dampak bencana yang ada, apalagi bencana hidrometereologi dengan mitigasi dan kesiapsiagaan yang baik," ujar Sufialdi.

Sufialdi menegaskan, kondisi cuaca bisa diprediksi dan dampaknya juga bisa diperkirakan, apalagi pemerintah sudah memiliki peta bencana.

"Hanya saja perlu sosialisasi dan komunikasi yang baik ke masyarakat. Perkuat literasi kebencanaan agar rakyat paham kondisi dan tanggap terhadap apapun yang terjadi," pungkas Sufialdi.

Baca juga : Petrokimia Gresik Salurkan 1.200 Paket Sembako Untuk Korban Terdampak Banjir Di Kota Batu

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir bandang di Kota Batu mengakibatkan tujuh orang meninggal dunia.

Dampak kerugian sementara hingga saat ini ialah 89 KK terdampak, 35 rumah rusak, 33 rumah terendam lumpur, 7 unit mobil, 73 unit sepeda motor, 107 ekor hewan ternak dan 10 kandang rusak. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.