BREAKING NEWS
 

Presiden Pastikan Penanganan Korban Semeru Berjalan Baik

Reporter : NOVALLIANDY
Editor : MUHAMAD FIKY
Selasa, 7 Desember 2021 15:29 WIB
Presiden Jokowi meninjau langsung lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten, Lumajang, Jatim, Selasa (7/12). (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memastikan seluruh kekuatan dikerahkan untuk menangani dampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang.

“Saya datang ke lokasi untuk memastikan bahwa seluruh kekuatan yang kita miliki sudah berada di lapangan untuk pencarian korban yang masih ada,” kata Presiden saat meninjau langsung lokasi terdampak dan penanganan dampak erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (07/12).

Di Lumajang, Kepala Negara meninjau lokasi pengungsian yang terletak di Lapangan Desa Sumberwuluh. Di lokasi ini, Presiden terlihat menyapa para pengungsi termasuk anak-anak serta menyerahkan santunan kepada ahli waris korban meninggal akibat erupsi Gunung Semeru. 

Baca juga : Elnusa Petrofin Raih Penghargaan Mitra Bhakti Husada 2021

Selain itu, Presiden juga meninjau dapur umum dan posko pelayanan kesehatan.

“Tadi di lokasi pengungsi saya ingin memastikan bahwa hal-hal yang berkaitan dengan pengungsi tertangani dengan baik, baik yang berkaitan dengan konsumsi, kesehatan, kemudian air bersih,” ujarnya.

Adsense

Presiden menyampaikan, Pemerintah juga akan mempersiapkan relokasi hunian masyarakat yang terdampak erupsi.

Baca juga : Yayasan AHM Salurkan Bantuan Untuk Korban Semeru

“Tadi saya mendapatkan laporan kurang lebih dua ribuan rumah yang memang harus direlokasi. Ini segera akan kita putuskan di mana relokasinya dan saat itu juga akan segera kita bangun karena saya kira semuanya sudah siap,” ujarnya.

Dalam kunjungannya, Kepala Negara juga meninjau sejumlah infrastruktur yang terdampak bencana. Salah satunya, adalah Jembatan Besuk Kobokan atau Jembatan Gladak Perak yang terletak di Kecamatan Candipuro, di jalur arteri Malang – Lumajang. 

Jembatan dengan panjang bentang 192 meter dan lebar 9,6 meter ini runtuh akibat erupsi Gunung Semeru.

Baca juga : Pastikan Pasien Dapat Perawatan, Relawan KOPMAS Seperti UGD 24 Jam

“Kita berharap setelah nanti reda semuanya bisa dimulai, baik itu yang berupa perbaikan infrastruktur maupun kemungkinan relokasi dari tempat-tempat yang memang kita perkirakan berbahaya untuk dihuni kembali,” katanya.

Presiden juga menyampaikan ucapan dukacita atas korban meninggal dunia akibat  erupsi ini.

“Atas nama Pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya korban akibat letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur,” ucapnya. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense