Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ringankan Beban Korban Erupsi Gunung Semeru, KAI Nyumbang Toilet Portable Dan Sembako

Senin, 6 Desember 2021 08:09 WIB
Ringankan Beban Korban Erupsi Gunung Semeru, KAI Nyumbang Toilet Portable Dan Sembako

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) tanggap bencana erupsi Gunung Semeru, dengan menyalurkan bantuan kepada korban terdampak bencana di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (6/12).

Bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berupa toilet portable sebanyak 3 unit dan paket sembako, dengan nilai total bantuan Rp 60 juta.

 

 

"Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian KAI, untuk penanganan bencana erupsi Gunung Semeru di Kab. Lumajang," ujar EVP Corporate Secretary KAI Asdo Artriviyanto.

Baca juga : Erupsi Gunung Semeru, Polri Gelar Operasi Kemanusiaan Aman Nusa II

 

 

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Deputi EVP Daop 8 Surabaya PT Kereta Api Indonesia (Persero) Mariyanto, kepada Penelaah Bahan Kajian Bencana Alam Seksi Logistik BPBD Kota Malang Cornellia Selvyana Ayoe, yang diwakili oleh Aziz Wijaya selaku Pusdalops Penanggulangan Bencana Kota Malang di Balai Kota Malang, Minggu (5/12).

Bantuan toilet portable diberikan untuk mendukung dan mengatasi permasalahan sanitasi masyarakat di wilayah lereng Semeru. Mengingat banyak rumah yang terdampak erupsi, sehingga tidak dapat ditempati untuk sementara waktu.

Paket sembako yang diberikan berupa mie instan, popok, kornet, biskuit, susu, dan air mineral untuk para korban erupsi yang membutuhkan selama masa penanggulangan bencana.

Baca juga : Erupsi Gunung Semeru, Puan: Keselamatan Warga Harus Jadi Prioritas

Dalam penyaluran bantuan ini, KAI berkolaborasi dengan Satgas Bencana BUMN Jawa Timur, dan berkoordinasi dengan berbagai pihak.  Seperti Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur dan Kementerian BUMN.

Penyerahan bantuan ini merupakan bantuan tahap awal dari KAI.

Pemberian serta penyerahan bantuan akan dilakukan kembali, menyesuaikan kondisi dan kebutuhan masyarakat di lokasi bencana.

Bantuan program TJSL ini merupakan bentuk kepedulian BUMN terhadap bencana yang sedang terjadi di Tanah Air, serta sebagai wujud kehadiran BUMN untuk Indonesia.

"KAI akan terus berupaya memberikan bantuan secara bertahap, dalam rangka percepatan pemulihan bencana di kawasan tersebut," kata Asdo.

Baca juga : Cek Penanganan Dampak Erupsi Semeru, Kepala BNPB Bertolak Ke Lumajang

Terkait operasional kereta api di wilayah Jawa Timur, saat ini masih berjalan normal. Jarak pandang masinis masih baik.Tidak ada jalur KA yang terganggu erupsi Gunung Semeru.

Seluruh perjalanan Kereta Api dari dan ke Surabaya, Malang, Jember, dan Banyuwangi masih beroperasi normal untuk melayani kebutuhan konektivitas masyarakat, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Semoga bantuan yang diberikan KAI dapat bermanfaat. Harapannya, masyarakat yang terdampak selalu diberikan kesabaran dan kekuatan untuk menghadapi cobaan ini," tutup Asdo. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.