BREAKING NEWS
 

I3L Gelar Wisuda Virtual, Komitmen Kembangkan Kolaborasi Industri

Reporter : HENDRAWAN KOSIM WIJAYA
Editor : UJANG SUNDA
Kamis, 23 Desember 2021 10:40 WIB
Wisuda virtual I3L (Foto: I3L)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia International Institute for Life Sciences (I3L) menggelar wisuda ke-4. Prosesi wisuda dipimpin langsung Rektor I3L Iwan Surjawan. Wisuda dijalankan secara virtual dengan menghadirkan anggota senat di Auditorium I3L. Hal ini bertujuan untuk mengikuti anjuran protokol kesehatan dari pemerintah guna menekan penyebaran pandemi covid-19 yang terus meningkat. Pembukaan upacara wisuda ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 3 kali yang dilakukan Iwan Surjawan.

Wakil Rektor I3L Raden Leonny Yulita Hartiadi menyampaikan peningkatan akreditasi Fakultas Food Science dari "baik" menjadi "sangat baik". Selain itu, Leonny juga menjelaskan mengenai persiapan I3L dalam mengantisipasi, mempersiapkan, dan juga mengimplementasikan rencana dalam menghadapi pandemi. Salah satunya, pada Februari 2020 I3L telah membuat Covid-19 mini symposium dengan mengundang Prof Amin Soebandrio dan juga Fakultas-fakultas di I3L mengenai pemahaman tentang Covid-19 dan juga apa saja yang perlu disiapkan ketika Indonesia menghadapi pandemi.

Baca juga : Audiensi Dengan KONI Pusat, Kadin Siap Kembangkan Industri Olahraga Tanah Air

Institut yang telah berdiri sejak 2014 ini telah berhasil mengubah proses pembelajaran, yang awalnya bersifat offline menjadi online. I3L pun telah melakukan berbagai upaya untuk membekali mahasiswanya agar tetap dapat bersaing di dunia kerja maupun dunia usaha.

Adsense

“I3L juga mengimplementasikan simulasi virtual lab untuk proses pembelajarannya, dengan para mahasiswa dan mahasiswi i3L tetap dapat melakukan kegiatan laboratorium secara simulasi virtual. Seluruh fakultas juga berkontribusi untuk merekam penelitian di laboratorium sehingga para mahasiswa tetap dapat mempelajari eksperimen secara maksimal walaupun dalam keadaan pembelajaran online,” ungkap Leonny.

Baca juga : Garuda Indonesia Perluas Penerbangan Kargo Internasional Ke Vietnam

Beberapa waktu terakhir, I3L juga mendapatkan hibah penelitian internasional dari Toray Science Foundation, berkolaborasi dengan Technova Spanyol, dan juga South East Asia Europe Joint Funding Scheme. I3L juga melakukan kolaborasi penelitian bersama industri dengan Orang Tua Grup dan Juga PT Paragon Technology and Innovation.

Leonny menyampaikan, selama pandemi Covid-19, I3L berperan aktif dalam melakukan corporate social responsibility bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan juga mitra Internasional USSEC.

Baca juga : SIN Pajak Bisa Cegah Korupsi Dan Sejahterakan Indonesia

Dalam wisuda I3L tahun ini, juga dihadiri secara daring oleh Kepala LLDIKTI Wilayah III Prof Agus Setyo Budi. Dalam pidatonya, Agus menyampaikan pentingnya kolaborasi antara institusi pendidikan dengan industri untuk memperkuat perekonomian nasional.

“Dengan adanya kolaborasi antara institusi pendidikan dan juga industri, dapat meningkatkan potensial sumber daya dalam mengubah kesejahteraan negara Indonesia. Institusi pendidikan perlu berperan aktif dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam segi ekonomi kreatif dan juga UMKM,” tuturnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense