Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kelar Hadiri G7, Menlu Blinken Bakal Sambangi Indonesia

Kamis, 9 Desember 2021 13:07 WIB
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony J. Blinken. (Foto: Reuters)
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony J. Blinken. (Foto: Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony J. Blinken berencana mampir ke Indonesia usai menghadiri pertemuan G7 di Inggris.

Selain Indonesia, Blinken juga bakal sambangi Malaysia dan Thailand. Lawatannya dari Inggris, Asia dan diakhiri di Hawaii ini bakal terlaksana pada 9-17 Desember.

"Menlu Blinken akan mengawali perjalanan dengan mengunjungi Liverpool, Inggris, pada 10-12 Desember untuk menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri dan Pembangunan G7. Menlu berharap untuk berbincang dengan anggota G7 dan negara-negara lain yang tergabung sebagai tamu undangan, termasuk Australia, India, Korea Selatan, dan anggota-Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN)," bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri AS dikutip Kedubes AS, Rabu (8/12).

Berita Terkait : Memperkuat Hubungan Amerika Dan Indonesia

Di Inggris, Menlu Blinken dikabarkan akan membahas berbagai isu, termasuk geopolitik dan keamanan, pasukan Rusia yang membangun kekuatan di perbatasan Ukraina, pembangunan infrastruktur melalui prakarsa Build Back Better World (B3W), vaksin Covid-19 dan keamanan kesehatan global, serta pertumbuhan ekonomi di wilayah Indo-Pasifik.

Setelah itu, sambung rilis tersebut, Menlu Blinken akan melanjutkan perjalanan ke Indonesia, Malaysia, dan Thailand, pada 13-16 Desember. Sederet misi penting telah dipersiapkan olehnya dalam kunjungan ke negara Asia ini.

"Di Jakarta, Menlu akan menyampaikan pidato tentang kawasan Indo-Pasifik yang signifikan dan menggarisbawahi pentingnya Kemitraan Strategis AS-Indonesia," jelas Price.

Berita Terkait : AS Sudah Sumbang 18,4 Juta Dosis Vaksin Ke Indonesia

Di Malaysia, Menlu Blinken dijadwalkan akan mendorong kemitraan AS-Malaysia dalam mengatasi tantangan bersama, termasuk dalam Covid-19, membangun rantai pasokan yang tangguh, serta memastikan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

"Di Thailand, Menlu Blinken akan menegaskan kembali komitmen AS terhadap aliansi perjanjian AS-Thailand, bekerja sama menuju pemulihan ekonomi pascapandemi, dan mengatasi krisis iklim," papar Price. 

Di setiap negara, Menlu Blinken akan membahas krisis yang kian memburuk di Myanmar. Selama kunjungan, Menlu Blinken akan bertemu dengan pejabat pemerintahan, pemimpin organisasi masyarakat sipil, pemangku kepentingan bisnis, dan personel kedutaan AS.

Berita Terkait : Bertemu Okto, Presiden BWF: Bulutangkis Indonesia Sangat Istimewa

Menlu akan mengakhiri lawatannya dengan berkunjung ke Honolulu, Hawaii, pada 17 Desember untuk bertemu dengan Komandan INDOPACOM Laksamana John Aquilino. [DAY]