BREAKING NEWS
 

Pemerintah Masih Punya Utang Klaim Covid RS Rp 25,1 Triliun

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Minggu, 13 Februari 2022 17:44 WIB

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan, pemerintah masih memiliki tanggung jawab pembayaran klaim rumah sakit terkait Covid-19 sebesar Rp 25,10 triliun per 9 Februari 2022.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Rujukan Kemenkes Siti Khalimah menjelaskan, angka tersebut diperoleh dari total klaim rumah sakit atas biaya perawatan Covid-19 per 31 Januari 2022, sebesar Rp 90,20 triliun.

Baca juga : Formula 1, Banteng Merah Dapat Suntikan Rp 7,1 Triliun

Dikurangi klaim yang tidak dapat dibayarkan sebesar Rp 2,42 miliar. Dengan rincian klaim kadaluarsa dan tidak sesuai sebesar Rp 0,68 triliun plus klaim dispute yang tidak dapat dibayarkan senilai Rp 1,74 triliun.

Adsense

Sekadar info, klaim yang diajukan rumah sakit dapat dikategorikan dispute, apabila terdapat ketidaksesuaian atau ketidaksepakatan antara BPJS Kesehatan dengan rumah sakit, terkait pelayanan atau tindakan klinis yang berdampak terhadap pembayaran klaim pelayanan pasien covid-19.

Baca juga : Anugerah Bahari Pasifik Perjuangkan Klaim Asuransi Kematian ABK Mauritius

"Misalnya, ada ketentuan bahwa pasien yang dirawat harus tes PCR. Tapi, rumah sakit tidak melampirkan hasil tes PCR. Atau harusnya melampirkan hasil rontgen, tapi tidak dilakukan,” jelas Siti Khalimah.

Dengan demikian, total klaim yang dibayarkan berjumlah Rp 87,78 triliun.

Baca juga : Mudah-mudahan, Badai Ketiga Cepat Berlalu Ya

"Sebanyak Rp 62,68 triliun tuntas di tahun 2021, dan masih ada sisa klaim yang harus dibayarkan sebesar Rp 25,10 triliun," pungkasnya. [UMM]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense