Dark/Light Mode

Pemerintah Perkuat Layanan Kesehatan Kasus Covid

Mudah-mudahan, Badai Ketiga Cepat Berlalu Ya

Jumat, 11 Februari 2022 08:00 WIB
Juru Bicara (Jubir) Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. (Foto: Dok. Kemenkes).
Juru Bicara (Jubir) Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi. (Foto: Dok. Kemenkes).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperkuat layanan kesehatan kasus Covid-19 yang terus meningkat. Kebutuhan seperti obat-obatan, oksigen, dan tenaga kesehatan (nakes), aman.

Juru Bicara (Jubir) Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi memastikan kebutuhan obat di 34 provinsi sudah mencukupi. Di antaranya, antivirus Favipiravir, Remdesivir, tocilizumab 400mg/20ml, multivitamin, IVIg 5 perseb/50ml.

“Totalnya 4.958.599 juta. Sedangkan stoknya mencapai 23.663.526. Ketersediaan oksi­gen di 20 Kabupaten/Kota besar di Jawa-Bali juga mencukupi rata-rata kebutuhan hingga lebih dari 48 jam,” beber Nadia.

Baca juga : Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 Global, Raja Spanyol Hingga Ratu Denmark Kepatil Corona

Aktivitas testing dan tracing untuk mence­gah infeksi virus, kata Nadia, juga ditingkat­kan dan diperluas. Pemerintah menyiapkan penginapan untuk tenaga kesehatan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Kemenparekraf menyediakan asrama, hotel terpusat bagi tenaga kesehatan. Tenaga kesehatan kita perlu mendapatkan perlind­ungan dari terinfeksi Covid-19,” imbuh Nadia.

Pemerintah, kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PL) Kemenkes ini, juga harus menata alur mobilisasi terpusat bagi tenaga kesehatan.

Baca juga : Kembali Layani Penerbangan Internasional, Bandara Ngurah Rai Tetap Berlakukan Prokes Ketat

Tujuannya, untuk meminimalisir risiko terinfeksi dan sakit, serta melindungi kelu­arga mereka dari paparan yang tinggi virus Corona.

“Tentunya dukungan masyarakat sangat dibutuhkan dalam masa-masa seperti ini, dengan menekan jumlah konfirmasi kasus harian,” kata Nadia.

Selain itu, kata Nadia, masyarakat bisa berpartisipasi dengan cara isolasi mandiri di rumah apabila terinfeksi Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala.

Baca juga : Jari Raya & Gerindra Gelar Gebyar Vaksinasi

Mereka bisa melakukan konsultasi dengan dokter melalui layanan telemedisin yang terintegrasi dengan Kemenkes.

“Kami berkomitmen memberikan layanan prima pada pasien isolasi mandiri di rumah dan menyiapkan obat gratis selama masa isolasi,” tandas Nadia.

Namun, apabila tidak memungkinkan iso­man, lanjut dia, bisa melakukan isolasi ter­pusat di tempat-tempat yang sudah disedia­kan Pemerintah seperti di RSDC Wisma Atlet, Rusun Nagrak, Ngawi dan Pasar Rumput.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.