BREAKING NEWS
 

Roadmap Lagi Disiapin

Transisi Menuju Endemi Masih Panjang, Sabar Ya....

Reporter & Editor :
SRI NURGANINGSIH
Senin, 7 Maret 2022 08:58 WIB
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, Pemerintah masih meng godok peta jalan (roadmap) dengan ka langan epidemiolog soal proses transisi menuju endemi.

“Pada prinsipnya, pandemi yang saat ini terjadi harus betul-betul kita jadikan sebagai kondisi pandemi terkendali dulu,” ujarnya.

Adsense

Menurut Nadia, kondisi pandemi yang terkendali yakni di mana virus melandai, otoritas tak perlu menarik rem darurat un tuk mendisrupsi ke giatan non-kesehatan lainnya.

“Contohnya angka reproduksi (reproduction rate) virus kurang dari 1 dalam jangka waktu tertentu,” ungkapnya.

Baca juga : Kebutuhan Transportasi Meningkat, Pupuk Indonesia Pastikan Kelancaran Distribusi

Nadia mengatakan, apabila situasinya seperti demikian, maka Indonesia akan memasuki ma sa transisi yang disebut pra-endemi. Setelah m asa praendemi, baru bisa masuk ke dalam si tuasi endemi. “Kita lakukan secara bertahap ya,” kata Nadia.

Di tengah persiapan menuju endemi, Anggota DPR Muhammad Sarmuji mengusulkan agar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Mas ya rakat (PPKM) menjelang Ramadan dan Idul Fitri dicabut.

Pertimbangannya, kata Sarmuji, Pemerintah sudah berhasil mengatasi pandemi Covid-19 dan umat muslim bisa menjalankan ibadah puasa Ramadan lebih khusyuk dan tidak khawatir melanggar PPKM.

Meski demikian, Ketua PC NU Surabaya, Ahmad Muhibbin Zuhri, tidak terlalu mengkha watirkan PPKM selama Ramadan. Pasalnya, salat tetap dijalankan dengan menjaga jarak di tempat ibadah yang luas dan jemaah patuh memakai masker.

Baca juga : Tim Garuda Muda Sudah Tak Sabar

“Faktanya masing-masing tempat memiliki kearifan sendiri-sendiri. Ini sudah mengarah terciptanya normal baru. Masyarakat juga bisa memilih masjid mana saja yang tidak padat jemaahnya,” katanya.

Netizen sudah sangat ingin status pandemi diakhiri dan beralih ke fase endemi. Meskipun begitu, hal tersebut diakui masih butuh proses yang panjang. Kuncinya, sabar.

Akun @dr_koko28 mengungkapkan, Indonesia sudah sampai pada tahap tahu cara mencegah, mengobati dan mengatasi komplikasi.

Menurut dia, ketiga faktor tersebut belum cukup untuk mendeklarasi bergantinya pandemi menjadi endemi. “Sedikit lagi,” ujarnya.

Baca juga : Resmikan Pasar Legi, Puan Maharani Sapa Pedagang Surakarta

Akun @azel_ajeng mengatakan, informasi dari pemberitaan, Indonesia sedang siap-siap menuju era endemi. Kata dia, mendengar kabar tersebut terasa ada secercah harapan untuk kembali hidup normal lagi.

“Yuk, bisa yuk balik normal lagi, biar bisa ke luar-keluar cantik lagi,” kata Menuy @DaraSagita99, proses transisi ke endemi masih panjang karena harus melewati pra-endemi. Meskipun begitu, Indonesia dinilai mampu melaluinya dengan baik.

“Insya Allah pandemi ini segera menjadi en demi. Tren kasus positif Covid-19 sudah turun,” ungkapnya.

Akun @Triobenga mengucap alhamdulil_ lah atas capaian Pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19. Dia berharap, Pemerintah bisa menyatakan Indonesia berstatus endemi dan kehidupan masyarakat menjadi normal lagi. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense