BREAKING NEWS
 

Hadiri HUT Bhayangkara

Jokowi-JK Mesra Banget

Reporter : NUR ROCHMANNUDIN
Editor : SISWANTO
Rabu, 6 Juli 2022 07:35 WIB
Presiden Jokowi saat berbincang dengan Jusuf Kalla. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak tidak lagi menjabat sebagai wakil presiden, Jusuf Kalla digosipkan macam-macam. Jokowi-JK yang dulu dikenal kompak memimpin Indonesia periode 2014 sampai 2019, dibilang sudah tidak kompak lagi. Bahkan untuk Pilpres 2024, Jokowi dan JK juga digosipkan akan berseberangan dalam pilihan politik. Namun, di peringatan HUT ke-76 Bhayangkara, gosip itu pupus. Jokowi-JK, ternyata tetap rukun.

Kemarin, upacara peringatan HUT Bhayangkara digelar di Akademi Kepolisian Semarang, Jawa Tengah. Presiden Jokowi hadir langsung memimpin upacara peringatan itu. Selain Jokowi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, hadir juga para mantan pejabat. Mulai dari Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz, serta Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 JK.

Hadir juga Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan kepala-kepala lembaga negara. Sementara di jajaran kabinet, ada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Baca juga : Bamsoet Yakin, Polri Bisa Makin Dicintai Rakyat

Kegiatan yang dimulai pukul 7.30 WIB itu, berjalan lancar. Jokowi yang menjadi Inspektur Upacara, begitu semangat memimpin jalannya upacara. Berbagai pujian juga disampaikan Jokowi pada institusi yang kini dipimpin Jenderal Listyo Sigit Prabowo itu. Meskipun ada sejumlah saran dan kritik yang disampaikan Jokowi dalam sambutannya kepada korps baju coklat itu.

Usai upacara, Jokowi lantas menyalami satu-persatu tamu kehormatan yang hadir. Mulai dari Megawati hingga ke JK. Senyum mengambang terukur di wajah JK saat Jokowi menghampiri kursinya. keduanya sempat berbincang singkat penuh keakraban.

Meskipun tidak lagi menjabat sebagai wakil presiden, JK bisa dibilang masih aktif menghadiri undangan-undangan kenegaraan. Misalnya, upacara bendera di Istana Negara, JK tidak pernah absen.

Baca juga : Presiden Anugerahkan Tanda Kehormatan Ke 3 Anggota Polri

Eks Ketum Golkar itu, juga beberapa kali masih terlihat bertemu dengan Jokowi. Baik bertemu di Istana, maupun dalam sebuah acara. Terakhir, Jokowi meresmikan PLTA Poso dan PLTA Male Energy di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Februari 2022.

Meskipun masih kerap bertemu, Jokowi-JK tetap diterpa gosip sudah kurang harmonis. Salah satu pemicu keduanya tidak harmonis, pasca didepaknya Sofyan Djalil dalam reshuffle kabinet, bulan lalu. Selama ini, Sofyan dikenal sebagai "orangnya" JK di pemerintahan.

Adsense

Benarkah Jokowi-JK tidak rukun? Juru bicara JK, Husain Abdullah membantah kabar tersebut. Saat dihubungi Rakyat Merdeka, Husain memastikan bila Jokowi dan JK masih bersahabat baik. Keduanya masih tetap berkomunikasi, baik langsung maupun melalui sambungan telepon. Sekalipun JK sudah bukan wakilnya Jokowi.

Baca juga : Besok, Jokowi Hadiri Upacara Hari Bhayangkara Di Akpol Semarang

"Misalnya, sering itu. Pak Jokowi hadir di acara Dewan Masjid Indonesia, peresmian kantor. Itu semua membuktikan baik-baik saja. Tidak ada masalah. Di Poso, Sulawesi Tengah, peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kalla Group," kata Husain saat dikonfirmasi, tadi malam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense