BREAKING NEWS
 

Maksimalkan Hasil Panen Tembakau, Ganjar Minta Pendampingan Penyuluh Pertanian

Reporter & Editor :
MARULA SARDI
Rabu, 10 Agustus 2022 14:05 WIB
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengikuti tradisi wiwitan yang dihadiri 400 petani untuk mengawali panen raya tembakau di Temanggung, Selasa (9/8)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengikuti tradisi wiwitan yang dihadiri 400 petani untuk mengawali panen raya tembakau. Dalam kesempatan tersebut, Ganjar meminta penyuluh pertanian mendampingi petani untuk memaksimalkan hasil panen. 

"Tadi penyuluh pertanian kita minta untuk mendampingi," kata Ganjar usai acara wiwitan di Desa Giripurno, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jateng, Selasa (9/8). 

Ganjar menjelaskan, peran penyuluh pertanian sangat penting untuk meningkatkan kualitas hasil panen petani tembakau. Menurut Ganjar, hal ini berdampak kepada kesejahteraan petani di Temanggung. 

Baca juga : Lampaui Nasional, Ini Resep Ganjar Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Jateng 

"Meskipun tentu petani sangat punya pengalaman yang bagus soal tembakau ini untuk menjaga kualitas. Kalau kualitasnya bisa dijaga, harganya bisa akan bagus," katanya. 

Adsense

Lebih lanjut Ganjar mengatakan, pihaknya akan berkomunikasi dengan penentu kualitas tembakau (grader) agar petani mendapat penghasilan yang bagus. Menurut Ganjar, komunikasi tersebut mesti dijaga. 

"Nanti saya akan ketemu dengan para grader, dengan pabrikan agar sama-sama membuat simbiosa mutualisme," kata Ganjar. 

Baca juga : Polisi Tetapkan Status Tersangka Manajer BCL Atas Penyalahgunaan Psikotropika

"Sehingga petaninya nanem hasilnya bagus, pabriknya membeli, semua hepi, semua senang. Ini yang mesti dijaga komunikasinya," sambungnya. 

Ganjar pun berdoa agar panen raya petani tembakau di Temanggung mendapatkan hasil maksimal. Dia berharap para petani semakin sejahtera setelah panen raya tembakau dilakukan. 

Dalam wiwitan tersebut, Ganjar mengikuti tradisi petik tembakau sebagai simbol doa bersama untuk kelancaran dan keberkahan petani. Ganjar memetik 12 helai daun yang merupakan simbol dari hari pelaksanaan wiwitan, yakni Selasa Pahing.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense