BREAKING NEWS
 

Hasil Riset: Setelah Jokowi, Prabowo Terpopuler di Kalangan Gen Z

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Jumat, 23 Desember 2022 11:01 WIB
Daftar tokoh terpopuler di gen Z dalam survei IDN Riset Institute. (Foto: IDN Riset Institute)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi tokoh yang paling populer di kalangan generasi Z setelah Presiden Jokowi. Hal itu diketahui dari hasil penelitian yang dilakukan IDN Riset Institute terbaru untuk sub penelitian mengenai pandangan politik (political view).

Ada tiga tokoh politik yang populer di kalangan generasi Z berdasarkan penelitian tersebut. Mereka adalah Presiden Jokowi, Menhan Prabowo, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Masing-masing memperoleh persentase sebesar 18 persen, 17 persen, dan 12 persen.

Baca juga : Hadiri KTT ASEAN-Uni Eropa, Jokowi Perkuat Hubungan Perdagangan

Generasi Z mencari pemimpin dengan kriteria seperti memiliki visi yang jelas untuk negara, integritas sehingga mereka tidak akan korupsi, dan pengalaman politik,” tulis IDN Riset Institute dalam laporan penelitiannya.

Adsense

Selain itu, riset ini juga mengungkapkan kapabilitas seorang pemimpin atau kandidat dinilai lebih signifikan dalam mengamankan suara dibandingkan dengan faktor latar belakang, agama, popularitas, etnis, dan bahkan politik pihak yang mereka ikuti.

Baca juga : Presiden Jokowi Terima Kedatangan Putra MBZ Di Surakarta

Penelitian ini dilakukan IDN Riset Institute berkolaborasi dengan Populix. Populix menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan random sampling di 12 kota di Indonesia. Selanjutnya, IDN Riset Institute melakukan wawancara mendalam serta mengembangkan dan menulis laporan berdasarkan analisis data yang diperoleh.

Dalam penelitian ini, kelompok generasi Z didefinisikan sebagai laki-laki dan perempuan yang berusia 15 sampai 24 tahun pada tahun 2022. Kelompok tersebut kemudian dibagi menjadi dua kategori. Pertama, remaja akhir yang berusia 15 dan 20 tahun. Kedua, dewasa dan muda yang berusia antara 21 dan 24 tahun.

Baca juga : Bamsoet: Selamat Menempuh Hidup Baru Kaesang dan Erina

Generasi Z yang lahir antara tahun 1997 dan 2012 saat ini merupakan generasi terbesar di Indonesia, dengan persentase 27,94 persen dari total populasi atau 74,93 juta orang. Signifikansi mereka bahkan mungkin lebih besar dari generasi milenial.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense