Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hadiri KTT ASEAN-Uni Eropa, Jokowi Perkuat Hubungan Perdagangan

Selasa, 13 Desember 2022 20:27 WIB
Presiden Jokowi didampingi Wapres Maruf Amin dan pejabat lainnya dalam keterangan pers di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (13/12. (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi didampingi Wapres Maruf Amin dan pejabat lainnya dalam keterangan pers di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (13/12. (Foto: BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Uni Eropa (EU) di Belgia.

“Saya bersama Ibu Iriana dan delegasi terbatas akan menuju ke Brussel di Belgia, menghadiri KTT ASEAN-EU dalam rangka 45 tahun hubungan ASEAN dan Uni Eropa,” kata Presiden  sebelum keberangkatan, di Bandar Udara  Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (13/12).

Presiden menekankan, hubungan yang baik antara ASEAN dan Uni Eropa harus terus diperkuat karena Uni Eropa,  salah satu mitra dagang strategis bagi ASEAN.

Baca juga : Jokowi: Uni Eropa Mitra Strategis ASEAN, Hubungan Baik Harus Terus Diperkuat

Nilai perdagangan antara ASEAN dan EU pada tahun 2021 mencapai 268,9 miliar dolar AS, terbesar ketiga setelah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Amerika Serikat (AS).

“Foreign direct investment [FDI] dari Uni Eropa ke ASEAN yang berjumlah sebesar 26 miliar Dolar AS di tahun 2021 juga merupakan foreign direct investment yang terbesar kedua setelah RRT. Inilah kenapa terus kita perkuat, terus kita tingkatkan hubungan yang baik antara ASEAN dan Uni Eropa,” ujar Presiden.

Secara khusus, Jokowi mengharapkan hubungan perdagangan serta investasi antara Indonesia dengan Uni Eropa terus meningkat.

Baca juga : Hadiri KTT ASEAN-Uni Eropa, Jokowi Nggak Bakal Lama Di Brussels

“Kita ingin agar perdagangan meningkat antara Indonesia dan EU, dana investasi dari Uni Eropa ke Indonesia juga terus meningkat,” ucap Presiden.

Menutup pernyataan persnya, Presiden menyampaikan bahwa kunjungan ke Belgia kali ini berlangsung dalam waktu singkat, tidak lebih dari 24 jam.

“Setelah itu langsung pulang kembali ke tanah air,” pungkasnya.

Baca juga : Sudirman Said: Pemilu Adalah Pintu Masuk Bagi Percepatan Pembangunan

Turut mendampingi Presiden, yaitu Wakil Presiden, Maruf Amin, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Panglima TNI Jenderal, Andika Perkasa, dan Kapolri Jenderal, Listyo Sigit.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.