BREAKING NEWS
 

Jalan Tol Hingga Istana Di IKN Sudah Digarap...

Reporter : FAJAR EL PRADIANTO
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Senin, 6 Februari 2023 07:50 WIB
Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. (Foto: Kementerian PUPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terus digeber. Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat melaporkan, pembangunan yang tengah digarap sudah mengalami banyak kemajuan.

Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono melapor­kan, proyek jalan logistik, tol, hingga Istana Negara, sudah digarap. Kini, ada 31 paket kon­trak pembangunan IKN Nusan­tara yang siap digarap. “Progres keseluruhan sudah mencapai 14 persen,” ujar Basuki dalam keterangan persnya, kemarin.

Adapun paket yang sudah dikerjakan di IKN Nusantara seperti konsultan manajemen konstruksi dan supervisi antara lain pekerjaan land development, hunian pekerja, jalan logistik, jalan tol, embung drainase dan intake air baku.

Baca juga : Bos IKN: 100 Investor Minat Investasi Di IKN Nusantara

Begitu juga dengan pem­bangunan kantor kementerian koordinator, sumbu kebangsaan, kompleks kantor dan istana negara. Semuanya sudah ber­jalan.

Basuki meninjau langsung berbagai proses pengerjaan. Se­lanjutnya ia meninjau bangunan pemerintahan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara.

Di antaranya pembangunan Sumbu Kebangsaan Tahap I meliputi Zona 1 (riparian, visitor center), Zona 2 (ceremonial lawn, plaza, gedung retail, toilet), Zona 3 (central promenade, wetland, forest trail), Zona 4 (shared street), Zona 5 (shared street).

Baca juga : KPK Jebloskan Hakim Itong Isnaeni Ke Lapas Surabaya

Saat meninjau Rumah Susun (Rusun) Pekerja, Menteri Ba­suki meminta setiap unit rusun ditempati maksimal 8 pekerja. Sehingga kamar lebih lega. Dia juga menginstruksikan agar ditambah kipas angin (blower) minimal 2 unit untuk dipasang di setiap lorong rusun guna memperbaiki sirkulasi udara dan meredam udara panas.

Total rusun dibangun 22 tower dengan daya tampung 14 ribu pekerja. Selanjutnya Menteri Basuki meninjau progres pem­bangunan Intake Sungai Sepaku berkapasitas 3.000 liter/detik yang akan dilengkapi dengan jaringan pipa transmisi untuk mendukung penyediaan air baku di IKN.

Ketua Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN Kemente­rian PUPR Danis Sumadilaga menambahkan, proses pembangunan seluruh paket tersebut dilakukan secara berhati-hati.

Adsense

Baca juga : Duitnya Sudah Disiapkan

Termasuk, dalam pembangunan jalan sebagai infra­struktur utama untuk progres pembangunan IKN.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense