BREAKING NEWS
 

Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Esa Unggul Gelar Mubes 2022/2023

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Sabtu, 25 Februari 2023 15:57 WIB
Musyawarah Besar Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Universitas Esa Unggul, di Jakarta, Kamis (23/2). (Foto: Dok. UEU)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Universitas Esa Unggul (UEU) menggelar agenda tahunan, Musyawarah Besar (Mubes), di Jakarta, Kamis (23/2). Mubes dan serah terima jabatan LKBH Esa Unggul Periode 2022/2023 diselenggaraka di ruang 610-611 Gedung Utama Universitas Esa Unggul.

Acara ini bertujuan untuk membahas AD/ART, dan Laporan Pertanggungjawaban Kepengurusan LKBH periode 2021/2022 serta melanjutkan kepengurusan melalui penyerahan jabatan dari kepengurusan sebelumnya ke kepengurusan yang baru. Mubes dan serah terima jabatan ini dapat memenuhi target yang ingin dicapai, meliputi: setiap pengurus LKBH mampu berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang diadakan, memegang erat komitmen yang telah diambil sebelumnya sehingga LKBH dapat terus membantu memberikan bantuan hukum kepada masyarakat umum secara pra bono, terjalinnya sebuah kekeluargaan dan terlepas dari perpecahan serta pengurus mampu memahami AD/ART, dan visi misi lembaga tersebut.

Kegiatan Mubes dimulai pada pukul 09.00 WIB, yang di dalamnya dilakukan penyerahan berkas laporan pertanggungjawaban oleh pengurus periode sebelumnya. Lalu dilanjutkan dengan penetapan Ketua Harian baru, serta pembacaan sumpah jabatan bagi calon Ketua Harian baru.

Baca juga : BNI Kolaborasi Dengan Japan Airlines Gelar Travel Fair 2023

Serah terima jabatan dan pelantikan Ketua Harian LKBH Periode 2022/2023 dimulai pada pukul 10.35 WIB dengan pembacaan sumpah jabatan ketua dan penandatanganan berita acara serah terima jabatan.

Adsense

Kegiatan ini dihadiri para dosen yang berasal dari Universitas Esa Unggul. Di antaranya Men Wih Widiatno, I Gede Hartadi Kurniawan, dan Nugraha Abdul Kadir sebagai pemimpin sidang dalam Musyawarah Besar LKBH Esa Unggul. Lalu tamu undangan Wasis Susetio, Nurhayani, Idris Wasahua, Freddy Haris, Anatomi Muliawan, Fitria Olivia, Joko Widarto, Annisa Fitria, Rita Alfiana, Balai Pemasyarakatan dan Posbakum.

Pelantikan pengurus LKBH Esa Unggul berlangsung secara hybrid. Selain melalui zoom meeting, panitia juga mengundang alumni LKBH Esa Unggul, anggota aktif LKBH Esa Unggul dan juga perwakilan oleh masing-masing angakatan sebagai saksi dari berlangsungnya kegiatan ini, dan juga untuk menjalin hubungan yang telah menghadiri acara tersebut.

Baca juga : Moeldoko Konsisten Masuk 3 Besar Di Gelaran Musra

LKBH Esa Unggul merupakan salah satu organisasi bantuan hukum yang dapat digunakan warga masyarakat untuk memperoleh bantuan hukum sesuai amanah Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum. LKBH Esa Unggul telah terakreditasi oleh Kementerian Hukum dan HAM dengan Nomor M.HH-02.HN.03.03 untuk Periode 2021 sampai dengan 2024.

LKBH Esa Unggul juga telah melakukan nota sepemahaman dengan Pengadilan Negeri Jakarta Barat, untuk bertugas di Pos Bantuan Hukum (Posbakum) untuk mendampingi terdakwa dalam menghadapi kasus pemeriksaan kasus-kasus pidana dan perdata bagi masyarakat yang kurang mampu.

LKBH Esa Unggul juga menerapkan kurikulum dan bahan ajar dari Arizona State University (ASU), dan dikembangkan melalui praktik peradilan semu (mootcourt) dalam subjek ketatanegaraan. Melalui kerja sama dengan Arizona State University, dengan transformasi digital untuk memodernisasi pengalaman pendidikan, meningkatkan kurikulum, membuat program inovatif baru, dan memperluas peluang untuk kolaborasi penelitian, pengabdian masyarakat yang semuanya sebagai bagian dari upaya untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif di lingkungan global. 

Baca juga : Genjot Industri Event, Menparekraf Dukung Gelaran IVES 2023

Rektor Universitas Esa Unggul Arief Kusuma Among Praja menuturkan, karena sekarang UEU telah resmi bekerja sama dengan Arizona State University (ASU) dan Cintana Alliance sejak Mei 2022, mewujudkan komitmen UEU untuk memberikan pendidikan unggul kepada mahasiswa di seluruh Indonesia dan menjadi world-class university. "Salah satunya adalah Kurikulum di Fakultas Hukum dapat dikembangkan dan diadopsi melalui kerja sama dengan Arizona State University," ujarnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense