BREAKING NEWS
 

Rapatkan Barisan Koalisi

Jokowi Pake Jurus Ngopi

Reporter : NUR ROCHMANNUDIN
Editor : ADITYA NUGROHO
Kamis, 27 April 2023 08:00 WIB
(Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Soal KIB, Zulhas lebih berani berani berbicara. Ia mengatakan, ketiga partai akan membahas perkembangan situasi politik nasional. Termasuk, pencalonan Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDIP.

“Ini kan ketemuan KIB. Habis itu tadi Bapak (Presiden) juga mengundang ketum partai untuk ngopi bareng,” ucap mantan Ketua MPR RI itu.

Sementara itu, Plt Ketua Umum PPP M Mardiono akan memanfaatkan momentum silaturahmi tersebut untuk melapor sikap partainya yang mendukung Ganjar ke Jokowi. Mengingat, PPP merupakan parpol koalisi pendukung Pemerintah.

Baca juga : Rayakan Perceraian Dengan Keliling Kota

Mardiono juga menyebut akan berkunjung ke DPP PDIP. Selain itu, PPP juga akan berkomunikasi dengan rekan-rekan KIB tentang keputusan mengusung Ganjar sebagai capres.

“DPP PPP juga akan melakukan komunikasi poltik dengan ketua umum KIB. Sekaligus akan menyampaikan ketetapan rapimnas sebagai sahabat terbaik PPP selama setahun ini,” ujarnya.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno tak kaget dengan jurus Jokowi mengajak pimpinan parpol dengan cara ngopi. Menurutnya, Jokowi ingin mengkonsolidasikan partai-partai pendukungnya, minus NasDem.

Baca juga : Relawan Pendukung Jokowi Dukung Pemimpin Pelanjut Indonesia Maju

Terlihat, bahwa Jokowi punya kepentingan mensukseskan Ganjar untuk mendapatkan dukungan maksimal dalam memenangkan Pilpres 2024. Menurut Adi, ada dua hal yang ingin disampaikan Jokowi kepada pimpinan parpol.

Pertama, menanyakan sikap parpol pendukungnya, khususnya yang sampai saat ini belum menentukan pilihan politiknya. Kedua, merumuskan untuk menyatukan kepentingan politik partai-partai pendukungnya.

Termasuk, bagaimana sikap Golkar atas deklarasi Ganjar sebagai capres. Apakah akan bergabung dengan PDIP, atau tetap berupaya mendapatkan tiket pencapresan Airlangga. Begitu juga dengan Gerindra dan PKB, apakah akan bergabung atau melanjutkan poros Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

Baca juga : Jokowi Pastikan Warga Terima Bantuan Pangan

“Dalam konteks itu, sepertinya Jokowi perlu berbicara dari hati ke hati dengan ketum partai pendukung pemerintah, mengenai sikap politik mereka menuju 2024,” pungkas Adi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense