Dark/Light Mode

Cegah Lonjakan Harga Beras

Jokowi Pastikan Warga Terima Bantuan Pangan

Selasa, 11 April 2023 06:45 WIB
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara).
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus berupaya menekan lonjakan harga beras menjelang dan setelah Ramadan. Salah satu upaya yang dilakukan, yakni meluncurkan bantuan pangan selama 3 bulan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Presiden Jokowi mengatakan, bantuan pangan yang berasal dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) bakal diberikan sebanyak 10 kilo­gram kepada 21,3 juta KPM. Jokowi berharap, dengan bantuan ini harga beras bisa turun.

“Bantuan beras juga seperti semi operasi pasar untuk mem­bantu masyarakat,” kata Jokowi, saat konferensi pers di Gudang Bulog, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, kemarin.

Baca juga : Hima Persis Award, Ajang Jaring Kader Berprestasi Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam

Eks Wali Kota Solo ini mengaku, sudah mengecek hampir semua provinsi di Indonesia sedang panen raya. Misalnya, di Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah dan Jawa Barat. “Jadi pasokan, suplai nggak ada masalah,” ujarnya.

Meski begitu, Pemerintah tetap melakukan impor beras sebagai cadangan strategis na­sional. “Jaga-jaga dan persiapan ada El Nino,” ucapnya.

Jokowi juga memantau harga sembako jelang Lebaran. Saat ini harga dalam kondisi stabil. Cabe rawit, yang harganya eks­trem 1-2 bulan lalu Rp 90 ribu/kilogram(kg), sudah diangka Rp 20 ribu/kg.

Baca juga : Tinjau Pelabuhan Merak, Kapolri Pastikan Wujudkan Mudik Aman Untuk Masyarakat

Lalu, telur sebelumnya Rp 32 ribu/kg sekarang Rp 24 ribu-25 ribu /kg, daging ayam sebelum­nya Rp 37 ribu/kg sekarang Rp 32 ribu/kg, bawang merah juga di angka Rp 24 ribu/kg.

“Turun semua, karena me­mang pasokan dan produksi melimpah,” jelasnya.

Menurut mantan Gubernur DKIJakarta itu, penurunan berbagai harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran karena jum­lah pasokan yang melimpah.

Baca juga : Jokowi Sebar 10 Kg Beras Per Keluarga Selama Tiga Bulan Di Jateng

“Pasokan produksinya banyak, sehingga menyebabkan harga turun. Ini baik,” kata dia.

Jokowi optimistis, pasokan ba­han kebutuhan pangan akan aman hingga Lebaran dan akan ber­dampak pada penurunan harga.

“Tinggal dua pekan jelang Lebaran. Insya Allah, harga turun terus. Beras juga turun sedikit,” harapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.