BREAKING NEWS
 

Digitalisasi Pendidikan, Pemberdayaan Guru Perlu Dimaksimalkan

Reporter & Editor :
FAZRY
Selasa, 2 Mei 2023 22:35 WIB
Ilustrasi. (IST)

 Sebelumnya 
Di samping berbagai faktor yang sebelumya sudah dijelaskan kata Nadia, peningkatan kapasitas mereka juga perlu terus diupayakan supaya mereka bisa memanfaatkan digitalisasi sesuai dengan kebutuhan dan konteks daerah masing-masing.

Lebih luas lagi, peningkatan kapasitas guru juga dibutuhkan untuk memperkuat otonomi mereka dalam kegiatan belajar mengajar dan memanfaatkan keleluasaan yang diberikan oleh kurikulum untuk memenuhi kebutuhan siswa.

Baca juga : Peringati Hardiknas, Pemerintah Perkuat Program Indonesia Pintar

Terkait tidak diikutsertakannya revisi Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas) ke dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun ini, Nadia menyebut hal ini memberikan peluang yang lebih besar untuk partisipasi publik. Dan proses diskusi dan menggali lebih banyak perspektif dari berbagai pemangku kepentingan.

Nadia menambahkan, proses revisi perlu mempertimbangkan masukan dari berbagai pemangku kepentingan, merespons permasalahan yang ada dan mempertimbangkan potensi permasalahan yang mungkin saja timbul di masa mendatang.

Baca juga : Normalisasi KM 206+0/2 Terkendala Hujan, KA Rajabasa Masih Dibatalkan

Pandemi sudah menunjukkan beberapa permasalahan yang layak direspons oleh RUU Sisdiknas, misalnya saja mengenai digitalisasi pendidikan, sistem pendidikan resilien, fleksibilitas dalam implementasi kurikulum, peningkatan kapasitas guru serta berbagai dampak dari learning loss.

Pasal 81 dalam RUU ini juga perlu ditinjau kembali dengan mempertimbangkan dampak jangka panjang dari penghapusan Bahasa Inggris dari mata pelajaran wajib.

Baca juga : Warga DKI Apresiasi Pengamanan Dan Pelayanan Polda Metro Selama Lebaran 2023

Selain itu, perlu dipertimbangkan proses penyusunan RUU Sisdiknas yang selama ini cukup kontroversial.

Masukkan dari guru-guru Indonesia sangat penting untuk memastikan bahwa sistem pendidikan Indonesia tetap relevan dan sesuai dengan kebutuhan siswa terkait peluang kerja mereka di masa depan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense