Dark/Light Mode

Normalisasi KM 206+0/2 Terkendala Hujan, KA Rajabasa Masih Dibatalkan

Senin, 1 Mei 2023 20:07 WIB
Perbaikan rel KA KM 206+0/2 petak jalur antara Gilas-Sepancar (Foto: Dok. KAI)
Perbaikan rel KA KM 206+0/2 petak jalur antara Gilas-Sepancar (Foto: Dok. KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) [KAI] terus melakukan normalisasi di KM 206+0/2 petak jalur antara Gilas-Sepancar yang akibat amblas. Namun, kondisi hujan deras yang masih melanda wilayah tersebut menghambat proses tersebut.

“Upaya perbaikan di jalur tersebut masih terus dilakukan, serta terdapat indikasi amblas di KM 152/+2 petak jalur antara Negeri Agung-Belambangan Umpu sehingga perjalanan KA Rajabasa relasi Kertapati-Tanjung Karang hari ini masih dibatalkan,” kata Manager Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti, di Palembang, Senin (1/5), seperti dikutip Antara.

Baca juga : Kamis Besok, KIB Mau Gelar Pertemuan, Ketum Partai Direncanakan Hadir

KAI telah menginformasikan pelanggan yang terdampak terkait kondisi terbaru perjalanan KA-nya. KAI menyarankan untuk mencari alternatif transportasi lainnya serta melakukan pembatalan tiket dengan pengembalian 100 persen di luar bea pemesanan di Stasiun Kertapati, Payakabung, dan Prabumulih sampai tujuh hari ke depan.

“Atas nama manajemen PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Palembang, kami menyampaikan permohonan maaf atas adanya gangguan perjalanan KA akibat amblasan ini,” ucapnya.

Baca juga : Tumpas Teroris Papua, Ramuan Ampuhnya Masih Diracik

Ia menjelaskan, upaya perbaikan menguatkan pondasi, menambah batu balas atau kricak, dan memadatkan jalur KA dengan menggunakan alat berat. Juga melakukan penambahan jumlah personil di lokasi amblasan dan telah dilakukan uji coba perjalanan kereta api melintasi jalur tersebut.

“Dengan kecepatan terbatas namun kondisi di wilayah tersebut hujan cukup deras dan terdapat indikasi amblasan di titik lainnya sehingga KA Rajabasa masih dibatalkan,” katanya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.