Dark/Light Mode

Peringati Hardiknas, Pemerintah Perkuat Program Indonesia Pintar

Selasa, 2 Mei 2023 18:32 WIB
Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Bidang Pembangunan Manusia, Abetnego Tarigan.
Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Bidang Pembangunan Manusia, Abetnego Tarigan.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantor Staf Presiden (KSP) memastikan bahwa Pemerintah terus bekerja keras dalam meningkatkan kualitas dan pemerataan pendidikan di Indonesia. Prioritas program kerjanya adalah peserta didik dan mahasiswa di kawasan perbatasan dan 3T pun terus digalakkan.

“Pemerintahan Presiden Jokowi fokus pada upaya peningkatan derajat manusia melalui perluasan akses pendidikan, termasuk di kawasan perbatasan dan 3T, misalnya melalui penguatan Program Indonesia Pintar (PIP),” kata Deputi II KSP Bidang Pembangunan Manusia, Abetnego Tarigan, di Jakarta, Selasa (2/5).

Baca juga : Dubes Rosan: Saatnya Indonesia Menuju Kesetaraan Dan Pemberdayaan Perempuan

“Melalui PIP, setiap tahun program beasiswa selalu ditingkatkan dari segi anggaran dan cakupan penerimanya. Hingga tahun ini kurang lebih Rp 21.3 triliun dianggarkan, Rp. 9.6 triliun untuk pendidikan dasar menengah dengan 17.9 juta penerima per tahun dan Rp 11.7 triliun untuk pendidikan tinggi dengan 200.000 penerima per tahun,” imbuhnya.

Menurut Abetnego, negara konsisten hadir memberikan kesempatan yang sama pada setiap warga negara untuk menempuh pendidikan. Oleh karenanya, Pemerintah juga giat membentuk kolaborasi dan kerja sama dengan pihak-pihak swasta dan masyarakat.

Baca juga : Peringati Hardiknas 2023, Mas Menteri Ajak Masyarakat Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar

Dalam pendidikan vokasi misalnya, telah diterbitkan Perpres Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi yang mendorong kolaborasi berbagai pihak dan jejaring industri, termasuk dibentuk Tim Koordinasi Daerah Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi (TKDV) sebagai forum koordinasi pemajuan vokasi di daerah-daerah.

Dikatakannya, peningkatan kualitas pendidikan bukan hanya menjadi tugas Pemerintah pusat, tetapi juga butuh uluran tangan dan gotong royong dari pemerintah daerah, swasta, masyarakat, organisasi masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya. 

Baca juga : Ganjar Berharap Jateng Terus Lahirkan Program Revolusioner Bidang Pendidikan

“Kita lihat di wilayah perbatasan dan 3T banyak sekali satuan pendidikan yang tidak terjamah oleh pemerintah, pada pelaksanaan pendidikan dibantu oleh sekolah di bawah masyarakat. Kita tentu sangat berterima kasih dan apresiasi inisiatif baik ini,” pungkas Deputi II.

Sementara itu, KSP selaku lembaga yang mengawal program prioritas Presiden, kedepannya akan terus mendorong peningkatan pendidikan nasional. Salah satunya terkait penyediaan sekolah bagi anak-anak para pekerja migran Indonesia serta perluasan akses pendidikan bagi keluarga miskin dan rentan miskin.â–  
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.