BREAKING NEWS
 

Keberadaannya Penting

Ini Tugas dan Tanggung Jawab Wakil Panglima TNI

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Kamis, 7 November 2019 20:11 WIB
Susaningtyas Kertopati (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat militer dan intelijen, Susaningtyas Kertopati, mendukung wacana pembentukan jabatan Wakil Panglima TNI. Menurut Nuning, sapaan akrab Susaningtyas, keberadaan Wakil Panglima TNI penting. Keberadaan Wakil Panglima TNI sangat membantu tugas Panglima TNI.

“Dalam sejarah TNI, jabatan Wakil Panglima TNI terbukti cukup efektif mengendalikan operasional ketiga matra. Baik satuan tempur TNI AD, TNI AL maupun TNI AU. Bahkan dalam situasi krisis, peran Wakil Panglima TNI sangat signifikan membantu Panglima TNI pada tataran politis dan strategis,” jelas Nuning, di Jakarta, Kamis (7/11).

Baca juga : Dubes Belanda Bantu Penanganan Sampah Sungai Jakarta

Nuning menjelaskan, beberapa negara di dunia juga menganut struktur organisasi militer yang sama pada jabatan Wakil Panglima. Bahkan, dengan kompleksitas peperangan modern di masa mendatang, jabatan Wakil Panglima TNI dinilai sangat strategis.

Adsense

“Wakil Panglima TNI bertanggung jawab atas pembinaan kekuatan ketiga matra sekaligus interoperabilitas semua kekuatan. Pembinaan utamanya standarisasi kemampuan peperangan yang terintegrasi agar TNI ke depan lebih efektif dan lebih efisien. Standarisasi juga pada pembinaan Alutsista agar siap siaga 24 jam untuk dikerahkan. Penggelaran Alutsista TNI memang menjadi perhatian utama di dalam implementasi Network Warfare Centric sebagaimana kebijakan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,” terangnya.

Baca juga : SYL: Bangun Pertanian Tanggung Jawab Semua Pihak

Wakil Panglima TNI lainnya adalah melakukan pembinaan kekuatan TNI untuk tataran internasional. “Dikaitkan implementasi ASEAN Political-Security Community (APSC) untuk seluruh negara anggota ASEAN, maka Wakil Panglima TNI juga melaksanakan pembinaan kekuatan TNI memenuhi standar kualifikasi kerja sama internasional,” terang Nuning.

Selanjutnya, Wakil Panglima TNI bertanggung jawab dari sisi operasinal dan diplomasi. “Kemampuan operasional dan diplomasi TNI dalam berbagai operasi militer di bawah bendera ASEAN dan PBB juga menjadi tanggung jawab Wakil Panglima TNI,” terangnya.

Baca juga : Menteri Syahrul Minta Penyuluh Dorong Gerakan Pembangunan Pertanian

Kemampuan pada tataran internasional ini, tambah Nuning, juga sejalan dengan kebijakan Kementerian Luar Negeri untuk meningkatkan kepemimpinan Indonesia di ASEAN. “Banyak kalangan pakar militer dunia menilai pentingnya kemampuan TNI untuk memimpin angkatan bersenjata di kawasan dalam operasi perdamaian dunia,” tandasnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense