BREAKING NEWS
 

Doni Monardo Fokus Lindungi Masyarakat Agar Tak Tertular Virus Corona

Reporter : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Editor : SRI NURGANINGSIH
Sabtu, 14 Maret 2020 18:07 WIB
Kepala BNPB Letjen Doni Monardo (tengah) saat menjelaskan penerapan sistem penanggulangan virus Covid-19 di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Sabtu (14/3). (Foto: Tedy O.Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengemban tugas sebagai Ketua Tim Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Doni mengatakan, dalam dua hari ke depan pemerintah akan menyampaikan pengumuman lebih terperinci mengenai tugas pusat koordinasi nasional dalam penanggulangan Covid-19.

Baca juga : AP I Siap Hadapi Penurunan Trafik Penumpang Imbas Virus Corona

Tugas tim yang dipimpinnya, kata Doni, adalah menerapkan manajemen penanggulangan bencana dalam penanganan virus Corona. Gugus tugas itu juga akan mengerahkan sumber daya terpadu dalam penanganan virus ini.

Adsense

"Percepatan yang dilakukan adalah dengan menerapkan manajemen penanggulangan bencana sehingga memberikan akses lebih luas dan juga dalam pengerahan sumber daya secara terencana dan terpadu sebagaimana yang tercantum dalam Pasal 50 UU Nomor 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana," ujar Doni di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Sabtu (14/3).

Baca juga : Trump Masih Nggak Takut Ketularan Virus Corona

Doni mengatakan, tim ini fokus melindungi masyarakat agar tidak tertular virus Corona. "Dan berusaha dengan semaksimal mungkin untuk menyembuhkan yang telah sakit," ungkap mantan Danjen Kopassus itu.

Tim ini, juga akan mengoptimalkan peran dunia usaha, komunitas, media, dan unsur terkait lainnya dalam menanggulangi penularan virus corona

Baca juga : Menkes Inggris Positif Virus Corona

"Dengan melakukan hal itu, perlu dilakukan percepatan penanganan COVID-19 secara masif dengan melibatkan seluruh sumber daya nasional melalui kolaborasi, baik pemerintah, pemerintah daerah, akademisi, peneliti, khususnya di bidang virus, dunia usaha, komunitas, termasuk juga para pakar," beber Doni.

Doni menyatakan virus Corona sebagai bencana non-alam. "Karena virus ini sudah dikategorikan sebagai pandemi global, statusnya adalah bencana non-alam," tandasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense