BREAKING NEWS
 

KCI Prediksi Terjadi Lonjakan Senin Besok

Penumpang KRL Diimbau Hati-hati Penularan Covid-19

Reporter : KINTAN PANDU JATI
Editor : UJANG SUNDA
Minggu, 2 Agustus 2020 15:00 WIB
KRL memasuki Stasiun Kebayoran Lama (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang kereta rel listrik (KRL) dari luar wilayah Jakarta bakal membludak di hari Senin (3/8). Hal ini karena aktivitas normal setelah libur Idul Adha dan kembali berlakunya aturan Ganjil Genap nomor kendaraan di Jakarta. Untuk itu, penumpang KRL diimbau hati-hati.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan, akan banyak pengguna jasa kereta yang akan kembali beraktivitas. "Kami sudah melihat kenaikan pengguna KRL yang cukup signifikan di hari Kamis lalu. PT KCI memprediksi, Senin nanti pengguna dari luar Jakarta dengan tujuan stasiun-stasiun di wilayah Jakarta akan cukup tinggi," katanya, di Jakarta, Minggu (2/8).

Adsense

Baca juga : Masih Ada Peluang Kita Lolos Dari Jurang Resesi

KCI mencatat, pengguna KRL pada Kamis (30/7) mencapai 409.814 pengguna atau meningkat 10 persen dibanding Kamis (23/7) sebanyak 370.948 pengguna. Sementara, pada libur hari raya Idul Adha Jumat (31/7) kemarin, jumlah pengguna KRL hanya 187.257. Untuk mencegah penularan Covid-19 karena berdesak-desakan di dalam kereta, Anne meminta para pengguna kereta bisa mengatur jadwal perjalanannya.

Di hari kerja, jelas Anne, persebaran pengguna KRL masih terfokus di pukul 05.00-08.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB, selain di waktu tersebut KRL lebih lengang dan tidak ada antrean pengguna. Anne juga meminta pengguna kereta mempersiapkan KMT, kartu uang elektonik bank, atau tiket kode QR sehingga saat tiba di stasiun tidak perlu lagi mengantre.

Baca juga : Mendagri: Pilkada Bisa Bangkitkan UMKM dan Bantu Penanganan Covid-19

"PT KCI menjalankan kewajibannya dengan melayani maksimal 74 orang per kereta agar penerapan physical distancing di dalam KRL terpenuhi. KCI berharap agar para pengguna jasa dapat mematuhi marka di stasiun maupun di dalam KRL serta mengikuti arahan petugas di lapangan," tuturnya.

Untuk memaksimalkan upaya jaga jarak aman di masa pandemi Covid-19 ini, PT KCI secara bertahap menambah perjalanan KRL hingga kini sudah mencapai 971 perjalanan per hari. Jumlah ini sudah maksimal dengan mempertimbangkan kapasitas angkut, serta kapasitas prasarana perkeretaapian yang tersedia. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense