BREAKING NEWS
 

KPK Akui Pendemi Covid-19 Bikin Kekuatannya Berkurang

Reporter : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Editor : ADITYA NUGROHO
Jumat, 2 Oktober 2020 23:20 WIB
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengakui, wabah Covid-19 mempengaruhi kinerja KPK. Soalnya, kekuatan sumber daya manusia komisi antirasuah jadi berkurang. "Sekarang saja (pegawai) yang masuk 25 persen," ujar Alex dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jl. Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (2/10) malam.

Dia mengibaratkan KPK seperti tengah membuat bangunan. "Tentu dengan 10 orang tukang lebih cepat membangun, dibandingkan kalau yang kerjakan itu tiga orang," imbuh eks hakim adhoc Pengadilan Tipikor itu. 

Adsense

Baca juga : Alhamdulillah, Biaya Perawatan Pasien Covid-19 Ditanggung Pemerintah

Jumlah pegawai yang berkurang,  berpengaruh pada kemampuan KPK mengolah informasi yang didapat melalui hasil penyadapan. 

"Kalau biasanya kita bisa lakukan penyadapan sampai 400-an nomor,  dengan 25 persen pegawai sekarang volumenya tentu tidak mungkin sama," beber dia. 

Baca juga : Waspadai Penularan Covid-19 Dari Orang Terdekat

Alex melanjutkan, kondisi serupa juga terjadi pada upaya penyelidikan dan penyidikan. "Itu berpengaruh besar terhadap kekuatan KPK dalam rangka mengungkap tindak pidana korupsi," tutur Alex.

Meski demikian, Alex menegaskan, semangat KPK memberantas korupsi tidak akan surut. "Kami di KPK, yang bertahan di KPK, tetap akan bersemangat untuk berantas korupsi baik melalui upaya penindakan maupun pencegahan," tandasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense