BREAKING NEWS
 

Polri Dukung Pembukaan Kembali Tempat Wisata

Reporter : KINTAN PANDU JATI
Editor : FAQIH MUBAROK
Rabu, 10 Maret 2021 16:44 WIB
Webinar bertajuk Geliat Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Tengah Pandemi, Rabu (10/3). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mendukung pembukaan kembali objek pariwisata di Tanah Air. Khususnya Destinasi Pariwisata Super Prioritas dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

"Pariwisata menggeliat, ekonomi bangkit. Tapi jangan lupa, patuhi protokol kesehatan," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono dalam sambutan tertulis yang dibacakan Karo Telemedia Brigjen Pol. Muharrom Riyadi dalam webinar bertajuk Geliat Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Tengah Pandemi, Rabu (10/3).

Polri mengakui Indonesia memiliki potensi yang luar biasa di bidang pariwisata. Hal ini terlihat dari jumlah kunjungan wisatawan mancanegara  ke Indonesia yang mengalami kenaikan signifikan dari 10,41 juta (2015), naik menjadi 12,01 juta (2016), 14,04 juta (2017), dan 15,81 juta (2018). Untuk itu, Polri mendukung pembukaan kembali objek-objek pariwisata di tanah air, khususnya Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di tengah masa Pandemi Covid-19, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Baca juga : Telkom Dukung Revolusi Digital Pelayanan Publik Ditjen Imigrasi

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Inddonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, pandemi Covid-19 yang telah terjadi selama setahun terakhir telah memporakporandakan sektor pariwisata di Tanah Air.

Adsense

Hariyadi mengungkapkan, pada April 2020, jumlah wisatawan mancanegara anjlok 87,44 persen dari tahun sebelumnya. Sementara tingkat hunian kamar hotel di bawah 12,67 persen, restoran sebagian besar tutup, dan destinasi pariwisata ditutup sementara.

"Tumpuan pemulihan pariwisata adalah pemulihan bertahap dari wisawatan nusantara kemudian wisatawan mancanegara. Pembukaan Bali sebagai brand pariwisata dunia dengan protokol kesehatan dan kebersihan yang ketat, harus didukung," tegasnya.

Baca juga : Sandiaga Kebut Bangun Desa Wisata

Hariyadi menilai, faktor yang akan menjadi game changer kebangkitan sektor pariwisata di Indonesia adalah keberhasilan vaksinasi massal Covid-19. "Kalau vaksinasinya sukses pemulihan pariwisatanya akan lebih cepat, demikian pula sebaliknya," ucapnya.

Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Hari Santoso Sungkar menambahkan, adanya tren perubahan pola tujuan pariwisata akibat pandemi Covid 19.

"Ada kecenderungan pariwisata udara terbuka lebih disukai wisatawan," ujarnya.

Baca juga : Bamsoet Dukung Gerakan Kembali Ke Masjid Pemuda Pancasila

Untuk itu, pemerintah berupaya melakukan inovasi untuk beradaptasi dalam pengembangan pariwisata di masa pandemi Covid-19. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense