BREAKING NEWS
 

Wagub Jabar Pastikan Pertamina Ganti Rugi Rumah Warga Yang Terdampak Kebakaran Di Area Kilang Balongan

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Rabu, 31 Maret 2021 08:52 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum membahas penanganan kebakaran di area Kilang Balongan, bersama Pertamina dan stakeholder terkait. (Foto: Humas Jabar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum memastikan Pertamina akan mengganti rugi rumah warga yang rusak akibat ledakan di kilang minyak Balongan, Kabupaten Indramayu. Sedikitnya 28 rumah warga dan satu kantor kecamatan rusak akibat getaran dari ledakan hebat.

Hal itu disampaikan Uu dalam kunjungannya ke lokasi kebakaran Refinery Unit VI di Desa/Kecamatan Balongan, Selasa (30/3).

“Pertamina siap mengganti seluruh rumah yang rusak. Ini untuk tahap awal,” ujarnya ketika berbincang dengan seorang ibu di lokasi pengungsian GOR Bumi Patra Singajaya.

Baca juga : BPIP Bantu Warga Terdampak Terbakarnya Balongan

Semua biaya perawatan di rumah sakit para korban luka ringan dan berat diketahui juga ditanggung PT Pertamina. “Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada Pertamina,” ucap Uu.

Untuk jangka panjang dan menengah, ada aspirasi dari warga yang ingin direlokasi ke tempat lain yang jauh dari lokasi kilang. Sebab, setelah kejadian ini, warga merasa trauma. dengan bau gas karena permukiman hanya 200 meter dari kilang.

Terkait hal ini, Uu mengaku Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar, Pemkab Indramayu, Pertamina, dan pihak terkait lainnya akan melakukan kajian lebih lanjut.

Baca juga : Risma Acungi Jempol Pertamina Gercep Bantu Korban Kilang Balongan

Untuk penanganan jangka pendek, Pertamina siap untuk ganti rugi rumah- rumah warga yang mengalami kerusakan. Hal- hal yang perlu dipikirkan dalam relokasi ini adalah keamanan lokasi dari potensi bencana lain, hingga mata pencaharian warga. “Biasanya untuk relokasi itu ke tanah desa terdekat. Tapi kita lihat lagi seperti apa teknis dan kendala- kendalanya,” kata Uu.

Dalam kesempatan itu, Uu juga meluruskan bahwa yang terbakar bukan kilang tapi tangki minyak. Sehingga, dapat dipastikan, pasokan BBM di masyarakat menjelang Ramadan dan Lebaran aman.

"Ternyata yang terbakar ada tiga dari 72 tangki. Itupun dua tangki lainnya pada posisi kosong, atau tidak penuh," kata Uu.

Baca juga : Pertamina Terus Berupaya Padamkan Kebakaran Di RU VI Balongan Pakai Air Laut

"Saya sudah konsultasi dengan pihak Pertamina, tidak akan menganggu pasokan BBM ke masyarakat," tambahnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense