Dark/Light Mode

Ucapkan Selamat Hari Raya Nyepi

Menag Ajak Memuliakan Dan Jaga Keseimbangan Alam

Minggu, 14 Maret 2021 14:38 WIB
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Ist)
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan selamat kepada seluruh umat Hindu di Tanah Air yang tengah merayakan Hari Suci Nyepi 2021.

"Kepada saudaraku seluruh umat Hindu di mana pun berada, saya mengucapkan selamat Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1943," ucap Gus Menteri Yaqut, sapaan akrabnya di Jakarta, Minggu (14/3).

Baca juga : Bandara I Gusti Ngurah Rai Stop Sementara 84 Penerbangan

Gus Menteri mengajak umat Hindu menemukan indahnya cahaya teduh sang diri dalam gelap dan hening selama menjalani Catur Brata Penyepian.

Dia berharap, umat Hindu dapat mengambil pelajaran dari perayaan Hari Suci Nyepi tahun ini. Spirit yang terkandung didalamnya diharapkan bisa menjadi lentera dalam menatap masa depan bangsa dan negara.

Baca juga : Mensos Ajak Jurnalis Perkuat Peran Perempuan dalam Pembangunan

"Mari berikan jeda sejenak kepada alam agar kembali menata keseimbangan. Kita muliakan alam maka alam akan memuliakan harkat dan martabat kemanusiaan," ajak Gus Menteri.

Diketahui umat Hindu hari ini menjalani Catur Brata Penyepian sebagai rangkaian perayaan Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1943. Catur Brata Penyepian berupa Amati Geni atau tidak menggunakan dan menghidupkan api, Amati Karya atau tidak bekerja, Amati Lelungan atau tidak bepergian, dan Amati Lelanguan atau tidak mendengarkan hiburan.

Baca juga : HUT Dekranas, Ketum Persit KCK Ajak Perajin Terus Jaga Kesehatan

"Semoga Pandemi Covid-19 segera berlalu. Marilah terus berkolaborasi dalam harmoni menuju Indonesia maju," ajak Ketua Umum GP Ansor ini. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.