Dark/Light Mode

Risma Acungi Jempol Pertamina Gercep Bantu Korban Kilang Balongan

Selasa, 30 Maret 2021 20:10 WIB
Mensos Tri Rismaharini meninjau pengungsian warga terdampak terbakarnya Kilang  Balongan di GOR Bumi Patra Balongan, Indramayu, Jawa Barat. (Foto: Pertamina)
Mensos Tri Rismaharini meninjau pengungsian warga terdampak terbakarnya Kilang Balongan di GOR Bumi Patra Balongan, Indramayu, Jawa Barat. (Foto: Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengapresiasi, Pertamina yang gercep alias gerak cepat dalam menangani warga yang terdampak terbakarnya Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3).

Hal disampaikan Risma saat mengunjungi tempat pengungsian warga terdampak terbakarnya Kilang  Balongan di GOR Bumi Patra Balongan, Senin (29/3).

"Lokasi pengungsian cukup nyaman buat warga pengungsi dan Pertamina juga akan menyediakan psikolog untuk trauma healing yang dialami warga,” ujar Risma seperti dikutip dari situs Pertamina, Selasa (30/3).

Baca juga : Risma Kirim Psikolog Untuk Korban Kebakaran Kilang Balongan

Dalam kunjungan tersebut, Risma didampingi Bupati Indramayu Nina Agustina, Chief Executive Officer (CEO) Refining & Petrochemical Subholding Pertamina Djoko Priyono, dan Direktur Proyek Infrastruktur Suwahyanto.

Selain itu, kunjungan Risma juga untuk memastikan kebutuhan dasar warga terdampak tetap terpenuhi. Kepada warga, ia menyampaikan, simpatinya serta menyerahkan bantuan logistik. Ia juga berpesan agar warga yang masih mengungsi bersabar menerima cobaan.

Terkait adanya informasi rumah warga yang mengalami kerusakan, Risma telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu dan Pertamina untuk menindaklanjuti pengaduan tersebut, serta memastikan penanganannya hingga tuntas.

Baca juga : Pertamina Terus Berupaya Padamkan Kebakaran Di RU VI Balongan Pakai Air Laut

"Sedang dilakukan pendataan oleh Pemkab dan Pertamina, kita lihat nanti, warga pasti dibantu," kata Risma.

Dalam kesempatan yang sama, Djoko menyampaikan bahwa Pertamina mengedepankan keselamatan warga di sekitar lokasi kejadian. Pada saat kejadian, langkah awal yang dilakukan adalah memindahkan warga sekitar ke lokasi yang lebih aman.

"Saat ini warga yang terdampak kami ungsikan ke GOR Bumi Patra dan Lapangan Futsal yang lokasinya berdekatan. Harapannya, agar kondisi warga tetap terpantau dan kebutuhannya dapat segera dipenuhi," ujar Djoko.

Baca juga : Ini 3 Fakta Penting Terkait Insiden Kilang Balongan

Tak hanya itu, Djoko menambahkan, Pertamina selalu mengingatkan agar warga tetap menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan Covid-19. Selama di pengungsian warga diberikan bantuan makanan, obat-obatan, serta keperluan emergency lainnya.

“Koordinasi dengan berbagai pihak kami lakukan untuk penanganan dampak insiden. Kami juga memprioritaskan kondisi kesehatan warga selama berada di pengungsian, dan memastikan kebutuhannya logistik mereka terpenuhi,” tuturnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.