BREAKING NEWS
 

PPKM 2 Minggu Lagi

Mendag Jamin Pasokan Sembako dan Oksigen Aman

Reporter : NUR ROCHMANNUDIN
Editor : MUHAMAD FIKY
Rabu, 7 Juli 2021 07:14 WIB
Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi mengadakan konferensi pers terkait ketersediaan stok dan stabilisasi harga barang kebutuhan pokok (bapok) di Jakarta, Senin (5 Juli). (Foto : Dok. Biro Humas Kemendag).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memastikan ketersediaan ba­rang kebutuhan pokok aman dan terkendali selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Darurat. Pihaknya juga berjanji bakal memuluskan im­por oksigen untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“Saya pastikan seluruh barang pokok mempunyai kecukupan lebih dari dua minggu. Semua barang ini ada, terjangkau, sta­bil, dan mudah-mudahan dalam PPKM Darurat ini barang pokok dan penting tidak ada masalah,” tegas Lutfi dalam konferensi pers virtual, Senin (6/7).

Baca juga : PPKM Darurat, Erick Pastikan Pasokan Listrik Aman

Catatannya, harga beras me­dium dan beras premium masih dalam kategori normal. Begitu juga dengan gula pasir, daging sapi, daging ayam, bawang merah, dan kacang kedelai. Semua komoditas tersebut memang terjadi fluktuasi, tapi masih dalam batas wajar.

Diakuinya, kenaikan ter­jadi pada minyak goreng. Hal ini dikarenakan tingginya harga crude palm oil (CPO) di bulan-bulan sebelumnya.

Baca juga : Pak Presiden, Aman!

Selain itu, harga cabe merah yang memang agak naik. Hal ini dikarenakan dinamika pasar. Namun dipastikan harga kembali turun, karena sentra produksi cabe di Banyuwangi memasuki masa panen.

Mendag juga menyampai­kan soal rencana impor ok­sigen. Menurutnya, tak lama lagi, impor oksigen dari Tai­wan akan tiba di Tanah Air.

Baca juga : PLN Jaga Pasokan Listrik Rumah Sakit Dan Pabrik Oksigen

Kebijakan impor oksigen dibuka Kementerian Perda­gangan atas usulan Badan Na­sional Penanggulangan Ben­cana (BNPB). Saat itu, BNPB meminta agar produk-produk penting dalam penanganan pandemi tidak dihalangi untuk masuk ke Indonesia.

Adsense

Lutfi memastikan, oksigen sudah masuk dalam list yang di­minta BNPB. Dengan upaya ini, ia berharap tidak lagi ada kendala dalam pengadaannya, termasuk melalui instrumen impor.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense