Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Luhut Lapor PPKM Darurat Hari Ke-3

Pak Presiden, Aman!

Selasa, 6 Juli 2021 08:05 WIB
Komandan PPKM Darurat Jawa-Bali Luhur Binsar Panjaitan (Foto: Instagram/luhut.pandjaitan)
Komandan PPKM Darurat Jawa-Bali Luhur Binsar Panjaitan (Foto: Instagram/luhut.pandjaitan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Luhut Binsar Pandjaitan memberi laporan manis mengenai penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat ke Presiden Jokowi. Komandan PPKM Darurat Jawa-Bali ini bilang, pelaksanaan PPKM Darurat di lapangan aman, terkendali. Segala masalah yang ada, dapat diatasi dengan baik.

Ihwal laporan ke Presiden ini disampaikan Luhut dalam konferensi pers virtual tentang peluncuran layanan telemedicine untuk pasien isolasi mandiri, kemarin. Awalnya, Luhut memaparkan pelaksanaan PPKM Darurat yang sudah berlangsung 3 hari ini. Menko Kemaritiman dan Investasi itu menyatakan, meski masih ada krisis di sana-sini, tapi semua dapat diatasi. Tim pun bekerja dengan sangat kompak, dari daerah sampai pusat.

Luhut lalu menceritakan, kemarin malam, dirinya juga ditanya Presiden Jokowi soal pelaksanaan PPKM Darurat. "Jawaban saya pada Presiden tadi malam, 'Semua masih terkendali Pak Presiden'," ucap Luhut, mengulangi pernyataan.

Luhut memastikan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah bergerak apabila masih terjadi peningkatan pasien Corona di rumah sakit rujukan. Kemenkes telah meminta rumah sakit melakukan konversi tempat tidur sebesar 30-40 persen untuk pasien virus asal China itu.

Pihak TNI juga turun tangan ikut mengatasi masalah ini. "TNI misalnya, ada 310 tenda darurat yang kita gunakan, seperti di RSPAD itu akan digelar mulai hari ini (kemarin) dan terus ke depan," ujarnya.

Untuk ketersediaan oksigen, Luhut bilang, tak perlu khawatir. Kondisi saat ini masih bisa ditangani. Apabila belum juga membaik, pemerintah bisa impor. "Sudah ada yang mengimpor on going, dan mengenai botol-botol, itu sudah kami kerjakan dan sekaligus kita membangun distribusinya," ujar mantan Menteri Koordinator Bidang Polhukam itu.

Untuk pasien isolasi mandiri di rumah, dia menyebut, Kemenkes punya cara jitu dalam meningkatkan imun. Yaitu layanan gratis telemedicine. "Jadi, nggak perlu ngantre ke rumah sakit, karena dapat kiriman obat gratis," jelasnya.

Kabar baik lainnya juga dibagikan Luhut soal jumlah pasien sembuh. Menurutnya, tingkat kesembuhan pasien di Indonesia tertinggi kedua di dunia, setelah Rusia. "Angka kesembuhan sempat mencapai 13.000 saat kasus harian Covid-19 mencapai 27.200 kasus," terangnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.