BREAKING NEWS
 

Mau Tambah Kapasitas Penanganan Pasien Covid-19

Prabowo Libatkan Tiga Matra

Reporter & Editor :
APRIANTO
Kamis, 15 Juli 2021 13:25 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meninjau kesiapan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Pertahanan dan Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan di Pondok Labu, Jakarta Selatan, kemarin, sebagai rumah sakit satelit bagi RS dr. Suyoto di Bintaro, Jakarta Selatan, yang selama ini telah melayani pasien Covid-19. (Foto: Humas Kemenhan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto akan melibatkan tiga matra TNI untuk menambah fasilitas tempat tidur bagi pasien Covid-19 di 110 rumah sakit (RS) milik TNI.

"Kami sedang perjuangkan. Nanti kita akan lihat, nanti kita akan inventarisir berapa tempat tidur bisa ditambahkan," kata Prabowo saat meninjau kesiapan penanganan pasien Covid-19 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Pertahanan (Pusdiklat Jemenhan) dan Pusdiklat Bahasa (Pusbahasa), di Pondok Labu, Jakarta Selatan, (Rabu 14/07).

Baca juga : Prabowo Apresiasi Kerja Keras Nakes

Prabowo menghitung, jika setiap RS TNI dapat menambah 200 tempat tidur, maka akan ada tambahan 22.000 tempat tidur se-Indonesia.

Adsense

"Jadi, kita cukup mem-back up rumah sakit-rumah sakit umum yang lain."

Baca juga : Pemerintah Pontang-Panting Masyarakat Kudu Ikut Bantu

Saat ini, Kemhan sendiri tengah menyiapkan 1.650 tempat tidur tambahan untuk pasien Covid-19 di Jabodetabek. Kemhan memfungsikan gedung Pusdiklat Jemenhan dan Pusbahasa menjadi RS satelit bagi RS dr. Suyoto.

Pusdiklat Jemenhan dan Pusbahasa memiliki daya tampung 172 kamar dengan kapasitas 344 tempat tidur.

Baca juga : Bantu Penanganan Covid-19, SiCepat Ekspres Salurkan ke Pemprov DKI Jakarta

Untuk mendukung penanganan pasien, Kemhan akan menyiapkan ruang ICU (intensive care unit) dan HCU (high care unit) dengan dua ventilator. Selain itu, oksigen generator untuk mendukung kebutuhan oksigen pasien.

Selain itu, RS satelit ini juga akan dilengkapi dengan tenaga kesehatan dari RS dr. Suyoto. Di antaranya dokter umum, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis paru, serta dokter anestesi. RS satelit ini akan menampung pasien Covid-19 dengan status sedang. [SRF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense