BREAKING NEWS
 

Try Sutrisno Ajak Camat Jadi Pelopor Pancasila

Reporter : BAMBANG TRISMAWAN
Editor : ADITYA NUGROHO
Selasa, 31 Agustus 2021 13:57 WIB
Mantan Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP, Tri Sutrisno. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Try Sutrisno meminta, para camat se-Indonesia untuk menjadi pandu dan pelopor Pancasila. Peran camat sangat vital dalam pembumian nilai-nilai Pancasila. 

"Kepada seluruh camat, mengabdilah pada nusa bangsa dengan mencintai Indonesia seutuhnya. Jangan sampai melewatkan sejengkal tanah di wilayahmu. Indonesia Raya harus berkumandang di setiap sudut. Indonesia abadi harus jadi janji kepada republik," kata Try, saat memberikan arahan dalam Dialog Kebangsaan 'Pancasila Sebagai Nilai Etika Dalam Pemerintahan' yang digelar secara virtual, Selasa (31/8). 

Baca juga : Perkuat Ideologi Pancasila, BPIP Gandeng RRI

Dialog dihadiri Wakil Kepala BPIP Haryono, Deputi I BPIP Prakoso, serta Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar. Sebagai narasumber, Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal, Guru Besar IPDN Sadu Wasistiono, dan Kepala Pusat Studi Pancasila UGM Agus Wahyudi. 

Adsense

Melanjutkan pemaparan, Try bilang masyarakat Indonesia pada umumnya hidup dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika.  Namun belakangan muncul fenomena penyimpangan dari ajaran nilai luhur bangsa. Terutama di kalangan anak muda. "Fenomena ini menusuk ke berbagai lini kehidupan dan menggangu keharmonisan masyarakat," ucap mantan Panglima ABRI dan Wapres ini. 

Baca juga : Banyuwangi Siap Jadi Sentra Beras Nasional

Selain itu, pasca reformasi juga memunculkan situasi dilematis. Kebebasan jadi kebablasan, tidak mengakar pada Pancasila. Sehingga muncul praktik intoleran, radikalisme, ekstrimisme, dan  ideologi transnasional. 

"Itu semua merongrong kehidupan demokrasi bangsa dan mengoyak-ngoyak kemanusiaan," kecam Try. 

Baca juga : Makin Santer, Gosip Azmin Ali Jadi Wakil PM Malaysia

Ia berharap para camat menjawab segala tantangan bangsa. Jumlah camat yang banyak dan tersebar di Tanah Air adalah kekuatan untuk gerakan pembumian Pancasila. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense