BREAKING NEWS
 

Meski Kasus Positif Turun

Prokes Kudu Jalan Terus

Reporter & Editor :
APRIANTO
Minggu, 5 September 2021 07:10 WIB
Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian (kanan) dalam kunjungan kerja ke Provinsi Jambi, Jumat (3/9/2021). (Foto: Humas Kapuspen Kemendagri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengatakan, indikator pengendalian pandemi Covid-19 terus mengalami perbaikan. Meski begitu, masyarakat dia minta tidak boleh terlena. Tapi harus tetap berdisiplin dalam penerapan protokol kesehatan (prokes).

Hal itu dia katakan saat mengunjungi Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). “Kami datang ke Bangka Belitung, kita melihat, dari sisi tren nasional Babel relatif menurun, baik angka konfirmasi, angka kasus aktif, perbaikan pada penurunan angka BOR, juga angka kematian yang menurun,” tutur Tito, kemarin.

Baca juga : KPK Tahan Tiga Tersangka Kasus Korupsi Proyek Jalan Di Bengkalis

Meski begitu, mantan Kapolri itu meminta masyarakat tetap waspada dengan terus menerapkan prokes ketat dan mendorong percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Kewaspadaan dan sabuk pengaman prokes masyarakat justru mesti kian dikencangkan. Lantaran hingga saat ini masyarakat masih berdampingan dengan Covid-19.

Apalagi, virus ini sudah bermutasi dan menghasilkan berbagai varian. Salah satunya, Delta, yang kemampuan replikasi dan transmisinya yang lebih cepat daripada strain lain. “Kita menyambut gembira semua perkembangan yang baik ini. Namun kita perlu waspada dan jangan terlena karena kita berhadapan dengan varian Delta,” ingatnya.

Adsense

Baca juga : Ingat Ya, Sudah Divaksin Tak Berarti Kebal Corona

Tapi, lanjut Tito, Indonesia patut bersyukur. Sebab dengan kebijakan pemerintah yang tepat seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdasarkan zonasi dan level wilayah, ditambah dengan kebijakan vaksinasi, perbaikan perawatan, dan penerapan prokes masyarakat, pandemi Covid-19 dapat dikendalikan dengan baik. “Alhamdulillah trennya menurun,” imbuhnya.

Tito menambahkan, kewaspadaan dalam menghadapi skenario terburuk, termasuk menghadapi varian Delta ini, perlu disikapi dengan serius. Dalam diskusi dengan para kepala daerah, Mendagri meminta setiap daerah tetap waspada. Selain penerapan protokol kesehatan dilaksanakan secara konsisten, upaya percepatan vaksinasi di daerah juga perlu terus dilakukan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense