BREAKING NEWS
 

Cegah Corona Tulari Keluarga

Bersihkan Barang Di Rumah Secara Berkala Ya...

Reporter : ALFIAN SIDIK
Editor : ABDUL SHOMAD
Jumat, 24 September 2021 08:00 WIB
Ilustrasi membersihkan rumah di saat pandemi Covid-19. (Foto: Shutterstock).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjaga kebersihan barang-barang di rumah yang sering disentuh sangat penting di masa pan­demi Covid-19 seperti sekarang. Agar penularan virus, khususnya virus Corona bisa dicegah.

Akun @lawancovid19_id mengungkap 8 benda di rumah yang harus sering dibersihkan. Yakni gagang pintu, wastafel, meja, keran, remote TV/AC, kursi/sofa, toilet, dan saklar lampu. “Caranya mudah, cukup dengan air dan sabun atau deterjen atau cairan pembersih khusus,” ujar @lawancovid19_id.

Akun @rs.ui mengungkap satu benda lain yang perlu dibersihkan karena sering disentuh. Yakni keyboard komputer. Kata dia, barang-barang di rumah harus sering dibersihkan dengan disin­fektan. “Tujuannya, untuk menurunkan risiko penyebaran infeksi Covid-19,” ungkapnya.

Kebersihan, kata @PenaGamal, merupa­kan elemen inti dari kesehatan. Untuk itu, dia mengingatkan masyarakat untuk selalu membersihkan diri ketika sampai di rumah ketika pulang dari berpergian. “Bersihkan barang-barang yang sering dipegang, dan rajin cuci tangan,” ujarnya.

Baca juga : Beresin Barang Pagi-pagi, Sebelum Pulang Foto-foto

Akun @NindyaProperti mengungkapkan, masih banyak orang yang waswas dengan penyebaran Covid-19 di rumah. Karena itu, penting untuk selalu membersihkan benda di rumah yang rentan tertempel virus. “Bersihkan secara detail dan berkala,” ujarnya.

Akun @AntoniRaja mengingatkan, Covid-19 bisa hidup di benda seperti handphone dan uang selama 28 hari. Dia pun menyarankan kepada para pemakai handphone untuk se­lalu membersihkan handphone ketika hendak masuk rumah. “Cuci tangan kalau pegang uang,” saran @AntoniRaja.

Adsense

Akun @polseksepauk juga mengingatkan, sterilisasi benda-benda di rumah yang sering disentuh menggunakan disinfektan efektif membersihkan virus, maupun kuman yang menempel. Kegiatan tersebut, kata dia, perlu diakukan secara berkala agar lebih efektif.

“Memperhatikan segala bentuk pencegahan virus Corona wajib dilakukan. Salah satu caranya, lewat membersihkan beberapa benda yang digunakan sesampainya di rumah,” ung­kap @sutera_sawangan.

Baca juga : Wow, Toilet Training Pada Sapi Ternyata Bisa Bantu Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Akun @MedikaPlaza mengatakan, meny­entuh objek yang terkontaminasi virus dapat menjadi awal penularan Covid-19. Karena itu, kata dia, jangan lupa rutin membersihkan benda yang sering disentuh.

“Sisihkan waktu untuk membersihkan benda-benda di rumah secara berkala. Stay safe,” kata @ClozetteID. “Kita harus rajin membersihkan barang-barang di sekitar kita agar tidak menjadi media penyebaran Covid- 19,” tegas @farmalkesRI.

Akun @cimsa_yarsi menjelaskan cara yang benar membersihkan barang-barang di rumah. Khususnya barang elektronik yang harus mengikuti instruksi dari pabrik sebelum melakukan pembersihan dengan disinfektan.

“Jika tidak ada panduan pabrik, pertimbang­kan penggunaan lap atau semprotan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 70 persen alkohol untuk mendisinfeksi elektronik dengan layar sentuh. Keringkan permukaan secara menyeluruh untuk menghindari peng­umpulan cairan,” tutur @cimsa_yarsi.

Baca juga : Pertamina Berikan Bantuan PMT Delivery Service

Akun @wisnuwids1 mengaku rutin membersi­hkan benda-benda yang sering disentuh menggu­nakan tisu basah dan disinfektan. “Selain itu, yang paling penting, tetap disiplin protokol kesehatan kapan pun dan di mana pun,” ujarnya. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense