Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Benahi Sektor Ketenagakerjaan Bareng AMHI, Kemnaker Paparkan Ini

Sabtu, 21 Agustus 2021 09:00 WIB
Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kementerian Ketenagakerjaan, Indah Anggoro Putri
Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kementerian Ketenagakerjaan, Indah Anggoro Putri

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggandeng Asosiasi Mediator Hubungan Industrial (AMHI) untuk berkolaborasi dalam mengedepankan sektor ketenagakerjaan jauh lebih baik. Terdapat dua hal utama yang disosialisasikan kepada para pengurus AMHI.

Pertama, Keputusan Menteri Ketenagakerjaan (Kepmenaker) Nomor 104/2021 tentang pedoman pelaksanaan hubungan kerja selama masa pandemi Covid-19. Kepmenaker ini diharapkan menjadi pedoman semua pelaku hubungan industrial dalam menjaga keberlangsungan usaha dan bekerja.

Baca juga : Dubes Dewi Savitri Wahab, Serahkan Surat Kepercayaan Di HUT Kemerdekaan RI

Kedua, mengenai aplikasi penilaian hubungan industrial di perusahaan. Aplikasi menjadi instrumen yang sangat membantu kelancaran pelaksanaan tugas AMHI dalam melakukan pembinaan hubungan industrial di tingkat perusahaan. Terutama untuk memetakan tingkat kerawanan atau potensial konflik/perselisihan hubungan industrial di setiap perusahaan.

Menurut Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kemnaker, Indah Anggoro Putri, selain memetakan kondisi nyata hubungan industrial di tingkat perusahaan, aplikasi ini menjadi potensial sumber data bagi para AMHI dalam membina hubungan industrial di perusahaan “Sekaligus menghindari perselisihan hubungan industrial,” ujarnya di Jakarta, Jumat (20/8).

Baca juga : Bangkitkan Kepercayaan Rakyat, NasDem Punya Pakta Integritas

Sementara Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah berharap kepada Pemerintah Daerah yang tergabung di AMHI, untuk melakukan penguatan organisasi. Caranya, dengan membangun komunikasi dan dialog dengan stakeholder.

"Pemerintah pun mendorong tumbuhnya SDM unggul dan menjadi mitra strategis pemerintah, dalam rangka memberi solusi konstruktif dan visioner pasca pandemi Covid-19 di sektor ketenagakerjaan," jelas Ida. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.