BREAKING NEWS
 

Akan Copot Bos BUMN Tak Dukung Transformasi

Ancaman Erick Thohir Nggak Kaleng-kaleng

Reporter : IRMA YULIA
Editor : FAZRY
Rabu, 20 Oktober 2021 06:50 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara Grand Launching Produk Pangan dan Non Pangan BUMN. (Foto: RM.id)

 Sebelumnya 
Transformasi BUMN, menurut Erick, sudah diacungi jempol oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebab, kondisi BUMN sekarang sudah sangat jauh berbeda den­gan tujuh tahun lalu. Salah satu contohnya, jumlah BUMN kini lebih sedikit dibandingkan dulu. Jumlah BUMN yang banyak, menjadi sulit diawasi. Banyak su­lit diawasi. Kini, dengan semakin efisiennya jumlah BUMN, kian fokus pada kinerja. Artinya, bila semua BUMN mau bertransfor­masi, maka akan menghasilkan kinerja yang luar biasa. Hal ini karena didukung sumber daya alam melimpah dan market yang besar. Terlebih, pihak swasta pun kini ikut bersinergi.

“Intinya apa? Klaster pangan akan saya kawal terus. RNI (PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) menjadi supply chain dari pangan yang berorientasi pasar, bukan stabilisator. Sebab, sudah ada Bulog sebagai stabilisator,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama RNI, Arief Prase­tyo Adi mengaku siap melaksana­kan amanat dari Pemerintah.

Baca juga : Transformasi BUMN Diapresiasi Jokowi, Erick Thohir Happy

Menurutnya, salah satu bentuk transformasi yang dilakukan RNI Group yakni dengan meluncurkan beberapa produk unggulan baru berkualitas. Seperti, beras Rania kemasan 5 kilogram (kg) dengan beberapa varian, Raja Gula ke­masan 1 kg, minyak goreng, hand sanitizer, tisu hingga masker.

“Semuanya produk lokal yang disiapkan untuk meningkatkan keterjangkauan, ketersediaan pangan. Dan meningkatkan akses pasar produk pangan da­lam negeri,” katanya.

Ia meyakini, peluncuran se­jumlah produk ini menunjukkan semakin besarnya peran klaster pangan dalam ekosistem na­sional dari hulu sampai hilir.

Baca juga : PP Raih Tiga Penghargaan

Saat ini, dari sisi hulu pihaknya terus memperkuat kemitraan dengan petani, peternak dan ne­layan. Serta melakukan pengem­bangan varietas dan menerapkan teknologi untuk peningkatan produktivitas.

Sedangkan di hilir, perseroan menyiapkan ekosistem pemasaran produk BUMN Klaster Pangan dengan mitra-mitra strategis lainnya.

Bahkan, perseroan juga secara langsung mendorong peran aktif RNI dan BUMN Klaster Pangan dalam Program Makmur di bawah PT Pupuk Indonesia (Persero). Di mana hasil panen petani yang diserap RNI dapat langsung diolah, dikemas dan di­pasarkan sebagai produk RNI.

Baca juga : Pastikan Pasokan Listrik Aman, Erick Thohir Sidak Ke Pusat Pengatur Beban Jamali

“Kami yakin, dengan ko­laborasi saat Holding BUMN Pangan resmi terbentuk, kami dapat langsung berlari,” kata Arief pede. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense