BREAKING NEWS
 

Cucu Bisa Jadi Adipati

Tak Ada Pola Tetap Dalam Suksesi Praja Mangkunegaran

Reporter & Editor :
OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Jumat, 5 November 2021 08:30 WIB
Cucu Mangkunegoro VIII, Kanjeng Raden Mas Haryo (KRMH) Roy Rahajasa Yamin. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Sementara Pegiat Sejarah dan Budaya Solo Raya Surojo mengatakan, silsilah pergantian Adipati Mangkunegaran selalu berubah sesuai dengan situasi.

Suksesi di Pura Mangkunegaran tidak selalu dipegang atau menurun kepada anaknya. Artinya, beberapa keluarga keturunan Mangkunegaran memiliki kesempatan untuk menjadi penguasa atau orang nomor satu di Pura yang didirikan Pangeran Sambernyowo atau KGPAA Mangkunegoro I itu.

Baca juga : Disayangkan, Bupati Tak Hadiri Acara Adat Dan Budaya Kerajaan Mempawah

HKMM sendiri sudah menyurati keluarga inti yang berwenang memilih Mangkunegoro X. Mereka adalah GKP Prisca Marina juga Gusti Ratu Ayu (GRAy) Retno Satuti Rahadiyan Yamin dan GRAy Retno Rosati Hudiono Kadarisman.

Kemudian, surat juga dikirimkan ke prameswari Gusti Kanjeng Putri (GKP) Prisc Marina Mangkunegoro IX, pihak KRTH Hartono Wicitrokusumo, dan Ketua Yayasan Tridarmo Mangkunegaran.

Baca juga : Kapolri Tegaskan Sinergitas TNI-Polri Kunci Sukses Hadapi Berbagai Ancaman

Menurut Hartono, Himpunan Kerabat Mangkunegaran (HKMN) Suryasumirat sebagai wakil dari Kerabat Mangkunegaran/Trah Mangkunegoro I- Mangkunegoro IX beserta Trah Punggawa Baku Kawandoso Joyo Mangkunegoro I menegaskan, figur Mangkunegoro X harus bersih.

Selain itu Mangkunegoro X harus hanebu sauyun, alias berkumpul dalam satu rumpun tebu. Serta, bisa mengakomodir tiga pilar. "Setahu saya yang telah ziarah ke makam Punggawa Baku baru Mas Roy," tandas Hartono. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense