Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

44 Pasar Tradisional Di Solo Bakal Terapkan Transaksi Nontunai

Kamis, 21 Oktober 2021 21:55 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Foto: Istimewa)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berencana menerapkan transaksi nontunai (cashless) di pasar tradisional di Solo. Menurut putra sulung Presiden Jokowi ini, pembayaran nontunai memudahkan penjual dan pembeli, termasuk di pasar tradisional.

"Sudah ada 44 pasar tradisional yang kami siapkan untuk on boarding, termasuk di antaranya Pasar Legi dan Pasar Purwasari. Kami akan melakukan edukasi terhadap penjual dan juga pembeli agar terbiasa dengan situasi sekarang," kata Gibran, seperti dikutip Antara, Kamis (21/10).

Baca juga : Pasca Pandemi, Dow Perkuat dan Terapkan Program Ekonomi Hijau

Gibran menerangkan, pembayaran tanpa kontak fisik tersebut berdampak baik bagi para penjual di pasar tradisional. Mulai dari tidak perlu repot mencari uang kembalian buat pembeli, hingga pencairan pendapatan yang lebih mudah dan cepat.

Di masa pandemi ini, lanjut Gibran, brand besar bisa bertahan. Salah satunya, dengan sistem nontunai. Makanya, dia ingin UMKM dan pedagang di pasar tradisional bisa menerapkan hal yang sama.

Baca juga : Setjen DPD Canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

“Kami ingin UMKM kita bangkit dan berproses setelah pandemi. Ini diperlukan kolaborasi (antarpihak)," kata Gibran.

Gibran yakin, transaksi nontunai ini anak meningkatkan pendapat pedagang dan juga memudahkan pembeli. “(Pembeli) tidak perlu repot bawa cash ketika ke pasar, dan UMKM sangat terbantu dengan hal ini," imbuhnya.

Baca juga : Sambut Turis Asing, AP I Terapkan Prokes Ketat Di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Saat ini, berhasil menempati peringkat 7 nasional dalam Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI). Untuk meningkatkan transaksi nontunai ini, Pemkot Solo bekerja sama dengan pihak swasta seperti Grab dan OVO. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.