BREAKING NEWS
 

Gempa Swarm Ke-42 Kembali Guncang Ambarawa

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Jumat, 5 November 2021 09:43 WIB
Peta lokasi gempa bumi di Ambarawa, Jawa Tengah, Jumat (5/11). (Foto: Inatews)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa darat bermagnitudo 3 dilaporkan mengguncang wilayah Banyubiru, Ambarawa Jawa Tengah pada Jumat (5/11) pukul 09.00 WIB. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa tersebut berlokasi di 7,35 Lintang Selatan, 110.49 Bujur Timur. Pusat gempa berada di darat, yang berjarak 12 km dari arah barat daya Salatiga.

Baca juga : Mahfud: Satgas BLBI Terus Kerja Kembalikan Duit Negara

Gempa berkedalaman 15 km itu, dirasakan dengan skala MMI II di Ambarawa. Dalam skala MMI II,  getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Adsense

Kepala Bidang Mitigasi dan Tsunami BMKG, Daryono menyebut, ini adalah rangkaian gempa swarm ke-42 di wilayah Ambarawa dan sekitarnya, sejak 23 Oktober lalu. 

Baca juga : Gempa M4,8 Bali Tewaskan 3 Warga

"Gempa yang mengguncang Banyubiru, Ambarawa dan sekitarnya pada pagi hari ini Jumat 5 November 2021 pukul 09.00.53 WIB merupakan rangkaian aktivitas gempa swarm ke-42,"kata Daryono via Twitter, Jumat (5/11).

Gempa swarm adalah serangkaian aktivitas gempa bermagnitudo kecil, dengan frekuensi kejadian yang sangat tinggi. Biasanya, gempa berlangsung dalam waktu yang relatif lama di suatu kawasan. Namun, tidak disertai dengan gempa kuat sebagai gempa utama atau mainshock.

Baca juga : Dubes Jepang Kenji, Membatik Saat Kunjungan Ke Yogyakarta

Pada Kamis (4/11) kemarin, wilayah Ambarawa mengalami 2 kali gempa swarm. Yang pertama, terjadi pada pukul 05.01 WIB dengan magnitudo 2,9. Yang kedua, terjadi pada pukul 05.17 WIB dengan magnitudo 2,6. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense