BREAKING NEWS
 

Gerakkan Pertumbuhan Ekonomi

DPR Minta BUMN Genjot Bantuan CSR Ke UMKM

Reporter & Editor :
ACHMAD ALI FUTHUHIN
Minggu, 26 Desember 2021 07:00 WIB
Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto. (Foto: Dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kontribusi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dinilai sangat signifikan di masa pandemi ini berkat berbagai kegiatan yang ditujukan langsung ke masyarakat. Seperti kehadiran dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang bermanfaat bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto mengapresiasi langkah perusahaan pelat merah ini di bawah komando Erick Thohir. “Pak Erick Thohir (Menteri BUMN) sangat concern soal dana CSR. Beliau menekankan agar dana CSR diberikan ke UMKM agar ekonomi tumbuh,” kata Darmadi dalam diskusi bertajuk ‘Peran Penting CSR BUMN di Masyarakat’ di Jakarta, belum lama ini.

Darmadi menilai komitmen Menteri Erick ini tentu merupakan kabar gembira bagi para pelaku UMKM untuk bisa bangkit dan tumbuh di masa pandemi Covid-19 ini. Karena itu, dana-dana CSR ini kudu terus digerakkan. Dana ini sangat dinanti bagi pelaku UMKM sehingga bisa terus menjadi lokomotif penggerak ekonomi negara.

Baca juga : Syarief Hasan: Pembangunan Ekonomi Harus Berpihak Kepada Rakyat!

“Kehadiran UMKM selama ini sangat membantu laju pertumbuhan ekonomi nasional meski di tengah hantaman krisis sekalipun. Hal itu terbukti dalam sejarah Indonesia, saat krisis moneter tahun 1997,” jelasnya.

Adsense

Sayangnya, lanjut dia, masih ada BUMN-BUMN yang belum memberikan perhatian serius terhadap keberadaan UMKM. Padahal sudah menjadi tugas mereka untuk mengalokasikan sebagian dana miliknya untuk kegiatan yang sosial ekonomi masyarakat. Dia meminta Kementerian BUMN memberikan atensi kepada BUMN tersebut.

“Alokasi dana untuk publik ini kan disalurkan untuk kegiatan yang relevan dan hal itu merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan melalui struktur CSR-nya,” tegas Bendahara Umum Megawati Institute ini.

Baca juga : 62Trade.com Tawarkan Kemudahan Ekspor Untuk UMKM

Selain itu, dia berharap agar perusahaan-perusahaan pelat merah bisa terus meningkatkan alokasi dana CSR ke masyarakat terutama menyasar pelaku UMKM. Jika itu dilakukan, maka BUMN dapat menjadi penopang bagi UMKM yang memang selama ini merupakan garda terdepan dalam roda perekonomian bangsa dan negara.

“Sudah seharusnya CSR ke UMKM ditingkatkan. Ini penting dilakukan guna menopang roda perekonomian terus bergeliat,” ucap Darmadi.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan akan mengubah strategi program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility alias CSR perusahaan pelat merah. Erick ingin CSR lebih efisien sehingga dampak yang dihasilkan besar, bukan hanya percikan kecil. “CSR harus efisien, harus menjadi gelombang besar, bukan percikan kecil,” ujar Erick.

Baca juga : Ngeri, Kerugian Ekonomi Akibat Produk Palsu Capai Rp 291 T

Erick menegaskan, CSR dari BUMN akan menyentuh tiga bidang, yaitu pendidikan, lingkungan hidup, serta UMKM. “Kita harus pastikan generasi kita ini bisa kapabel untuk hubungan ini dan UMKM sebagai tulang punggung,” tegasnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense